Asikin, Arief Yusuf (2015) Implementasi metode modelling pada pembelajaran bidang studi fiqih kelas 4 di MI Islamiyah Petarukan Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.
Text (Thesis)
202109303 ARIEF YUSUF ASIKIN BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (11MB) |
|
Text (Thesis)
202109303 ARIEF YUSUF ASIKIN BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (26MB) |
Abstract
Pembelajaran pada dasarnya merupakan upaya untuk mengarahkan anak didik ke dalam proses belajar sehingga mereka dapat memperoleh tujuan belajar sesuai dengan apa yang diharapkan. Proses belajar meng.ajar akan berjalan dengan baik kalau metode yang digunakan betul-betul tepat, karena antara pendidikan dengan metode saling berkaitan. Metode adalah suatu cara dan siasat penyampaian bahan pelajaran tertentu dari suatu mata pelajaran, agar siswa dapat mengetahui, memahami, mempergunakan dan menguasai bahan pelajaran. Metode modelling adalah cara belajar dengan cara memperagakan atau mempertunjukkan sesuatu di hadapan murid, yang dilakukan di dalam maupun di luar kelas. Penjajakan awal pada siswa kelas 4 MI lslamiyah Petarukan, peneliti menemukan beberapa masalah khususnya di dalam proses pembelajaran bidang studi Fiqih. Rumusan masalah yang dikemukakan di dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran bidang studi Fiqih kelas 4 di Ml Islamiyah Petarukan Pemalang, bagaimana implementasi metode modelling pada pembelajaran bidaug studi fiqih kelas 4 di MI Islamiyah Petarukan Pemalang, dan apa saja faktor yang mendukung dan penghambat dalam penggunaan metode modelling dalam pembelajaran studi Fiqih kelas 4 di MI Islamiyah Petarukan Pemalang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran bidang studi Fiqih kelas 4 di MI Islamiyah Petarukan Pemalang, untuk mengetahui implementasi metode modelling pada pembelajaran bidang studi fiqih kelas 4 di MI Islamiyah Petarukan Pemalang. Metode penelitiannya meliputi desain penelitian, di mana penulis menggunakan pendekatan pendekatan kualtitatif, sedang penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research), di mana peneliti mengamati langsung ke lokasi penelitian. Sementara teknik pengumpulan datanya adalah dengan menggunakan interview, angket, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data, digunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu menginterpretasikan data-data yang diperoleh dalam bentuk kalimat-kalimat. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Fiqih di MI Islamiyah Petarukan Pemalang dinilai sudah baik. Guru melakukan pembelajaran Fiqih dengan tujuan mengarahkan siswa dalam memahami, mengenal, menghayati dan mengamalkan hukum Islam yang mengarah siswa supaya taat dan bertaqwa kepada Allah SWT melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan serta pengalaman siswa sehingga menjadi muslim yang selalu bertambah keimanannya kepada Allah SWT.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Modelling pada Pembelajaran Fiqih | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Ridho Aji Anggana | ||||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2023 02:17 | ||||||||
Last Modified: | 08 Aug 2023 02:17 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3486 |
Actions (login required)
View Item |