Sofa, Nur Ulisaadah (2015) Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Ri'ayatul Himmah Karya KH. Ahmad Rifa'i. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.
Text
2021111205 NUR ULISAADAH SOFA BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (8MB) |
|
Text
2021111205 NUR ULISAADAH SOFA BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (23MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena yang terjadi di zaman sekarang, kenakalan remaja semakin meluas. Remaja sabagai aset bangsa dan diharapkan dapat melanjutkan pembangunan bangsa sudah melakukan perilaku menyimpang yang mengarah pada penurunan akhlak dan akan mengakibatkan bahaya terhadap bangsanya sendiri. Oleh karena itu pendidikan agama, terutama pendidikan akhlak sangat penting sekali dalam kehidupan. Dalam hal ini peneliti tertarik untuk mengetahui tentang bagaimana pendidikan akhlak yang diterapkan pada masyarakat, terutama nilai-nilai pendidikan akhlak yang diajarkan oleh KH. Ahmad Rifa'i dalam kitab Ri'ayatul Himmah. Beliau merupakan pendiri kelompok Rifa'iyah. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab Ri'ayatul Himmah karya KH. Ahmad Rifa'i. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab Ri'ayatul Himmah karya KH. Ahmad Rifa'i. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai nilai-nilai pendidikan akhlak meliputi akhlak terhadap Allah, akhlak terhadap sesama manusia, dan akhlak terhadap lingkungan. Jenis penelitian ini adalah penelitan studi pustaka (library research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode simak, dilakukan dengan melakukan penyimakan terhadap penggunaan bahasa. Analisis data dilakukan dengan cara teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab Ri'ayatul Himmah karya KH. Ahmad Rifa'i dibagi menjadi tiga, pertama yaitu akhlak kepada Allah SWT yang meliputi Zuhud, Qona'ah, sabar, tawakkal, mujahadah, ridha, syukur dan ikhlas. Kedua, akhlak kepada sesama manusia, meliputi pemberian nasihat, dalam pendidikan seorang guru tidak hanya bertugas mentransformasikan ilmu yang dimilikinya kepada anak didik, namun guru juga bertugas memberikan arahan dan nasehat kepada setiap peserta didik agar terbentuk karakter yang berakhlakul karimah. Yang ketiga, akhlak kepada lingkungan. Penulis tidak menemukan nadhom dalam kitab Ri'ayatul Himmah yang berikatn dengan akhlak terhadap lingkungan. Di dalam kitab Ri'ayatul Himmah hanya dijelaskan mengenai nikmat Allah yang wajib disyukuri berupa tumbuh-tumbuhan dan hewan yang bisa dimanfaatkan oelh manusis demi kelangsungan hidupnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Nilai-nilai Pendidikan Akhlak, Kitab Ri'ayatul Himmah | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Rosi Rosi | ||||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2023 04:50 | ||||||||
Last Modified: | 15 Aug 2023 04:50 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3550 |
Actions (login required)
View Item |