Pembelajaran Kitab Hujjah Aswaja Untuk Penguatan Ideologi Aswaja di MAS Simbangkulon

Fiddaroini, Ghonia Fithri (2016) Pembelajaran Kitab Hujjah Aswaja Untuk Penguatan Ideologi Aswaja di MAS Simbangkulon. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021111219 GHONIA FITHRI FIDDAROINI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (13MB)
[img] Text
2021111219 GHONIA FITHRI FIDDAROINI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (32MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya paham-paham radikal yang semakin marak di Indonesia sehingga paham-paham tersebut berusaha mencari kader atau anggota, oleh karena itu peserta didik yang belajar kitab Hujjah Aswaja di MAS Simbangkulon diharapkan memiliki penguatan ideologi aswaja yang baik sehingga mereka memiliki benteng dan tidak mudah goyah pendiriannya pada paham aswaja. Rumusan masalah dalam skripsi ini 1) Bagaimana pembelajaran kitab hujjah aswaja di MAS Simbangkulon? 2) Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran kitab hujjah aswaja untuk penguatan ideologi aswaja di MAS Simbangkulon?. Adapun tujuan yang hendak dicapai melalui penelitian ini alah untuk mendeskripsikan bagaimana penguatan ideologi aswaja dan faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam penguatan ideologi aswaja melalui pengkajian kitab hujjah aswaja di MAS Simbangkulon. Adapun kegunaan dari penelitian ini adalah 1) Kegunaan teoritis yaitu untuk mengetahui bagaimana pembelajaran kitab hujjah aswaja untuk penguatan ideologi aswaja di MAS Simbangkulon kecamatan Buaran Kebupaten Pekalongan. 2) Kegunaan praktis: diharapkan melalui penelitian ini dapat menjadi motivasi peserta didik dalam belajar kitab hujjah dan diharapkan sekolah lain agar memiliki inisiatif untuk memberikan bekal pada peserta didiknya tentang penguatan ideologi aswaja. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitaitf adn jenis penelitian lapangan (field research). Karena penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan , maka teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan metode dokumentasi. Untuk metode analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang dibagi menjadi 3 tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Setelah dilakukan pengolahan data, diperoleh kesimpulan bahwa saat pembelajaran hujjah di MAS Simbangkulon guru memberikan doktrin aswaja peserta didiknya, selain itu di MAS Simbangkulon terdapat kegiatan-kegiatan yang berupa amalan aswaja dan peserta didik tetap mengamalkan amalan aswaja di luar lingkungan sekolah, sehingga peserta didik memiliki bekal dalam pemahaman aswaja.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTa'rifin, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Kitab Hujjah Aswaja, Penguatan Ideologi Aswaja
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 21 Aug 2023 03:00
Last Modified: 21 Aug 2023 03:00
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3560

Actions (login required)

View Item View Item