Peran dan kompetensi kepribadian guru dalam menigkatkan mutu pendidikan moral siswa di SD N Poncol 01 Kecamatan Pekalongan Timur

Dewi, Ayu Kusuma (2014) Peran dan kompetensi kepribadian guru dalam menigkatkan mutu pendidikan moral siswa di SD N Poncol 01 Kecamatan Pekalongan Timur. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
202121179 AYU KUSUMA DEWI BAB I, V DAN LAMP.PDF

Download (6MB)
[img] Text (Thesis)
202121179 AYU KUSUMA DEWI FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Melihat kondisi banyaknya penyimpangan moral di kalangan anak-anak saat ini, menjadikan tugas yang diemban oleh para guru di bidang pendidikan moral sangat rumit. Di era globalisasi ini budaya asing begitu bebas masuk dan memperbudak anak bangsa untuk mengikuti budaya asing tersebut. Jika tidak mengikuti budaya tersebut maka disebut Kuper (kurang Pergaulan) atau Ketinggalan Jaman. Sungguh miris budaya timur ditinggalkan. Moral anak jaman sekarang kurang terarah lagi, anak merupakan generasi penerus bangsa oleh karena itu, mereka haruslah mendapat perhatian dan pendidikah yang serius lagi, maka dari itu pendidikan moral sangat penting bagi anak dengan salah satu peranan penting seorang guru untuk membinanya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana moral siswa di SDN Poncol O1 Kecamatan Pekalongan Timur dan bagaimana peran dan kompetensi kepribadian guru dalam meningkatkan mutu pendidikan moral siswa SDN Poncol 01 Kecamatan Pekalongan Timur. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif, peneljtian bermaksud untuk mernahami tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian pada suatu konteks khusus. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini bahwa keadaan moral siswa di SDN Poncol 01 pada umumnya sudah cukup baik, akan tetapi masih ada beberapa siswa yang masih mempunyai moral kurang baik, diantaranya: bolos sekolah, meninggalkanjam pelajaran, berbicara kurang sopan, meminta uang secara paksa kepada temannya. Moral yang kurang baik di SDN Poncol 01 mendapat bimbingan dan pembinaan yang bijak, perhatian dan kontrol baik dari guru maupun orang tua. Peranan Guru di SDN Poncol Ol yaitu sebagai pembimbing dan pembina, penasehat, dan teladan. Bentuk membina moral secara langsung guru di SON Poncol 01 yaitu: guru menggunakan tindakan preventif, kuratif, maupun represif, cukup efektif. Dan menggunakan metode-metode seperti metode keteladanan, metode hukuman, metode cerita, metode demonstrasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaskhur, MaskhurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru dan Moral Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:16
Last Modified: 31 Aug 2023 02:16
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3612

Actions (login required)

View Item View Item