Penerapan metode gramatika-tarjamah dalam kemampuan insya' mata pelajaran bahasa arab peserta didik kelas VIII di SMP-IT Assalaam Boarding School Pekalongan

Kholila, Ella (2015) Penerapan metode gramatika-tarjamah dalam kemampuan insya' mata pelajaran bahasa arab peserta didik kelas VIII di SMP-IT Assalaam Boarding School Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
202211041 ELLA KHOLILA BAB I, V DAN LAMP.PDF

Download (6MB)
[img] Text (Thesis)
202211041 ELLA KHOLILA FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

SMP-IT Assalaam Boarding School Pekalongan merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mempelajari bahasa Arab. Dalam proses pembelajaran bahasa Arab di kelas VIII menggunakan metode gramatika-tarjamah. Beberapa problematika yang harus dihadapi diantaranya: minimnya kamus sebagai sarana pendukung dalam proses penerjemahan dalam pembelajaran insya' mata pelajaran bahasa Arab, kemudian minatnya peserta didik terhadap bahasa arab dan latar belakang pendidikan peserta didik yang berbeda. Permasalahan yang diteliti adalah bagaimana penerapan metpde gramatika-tarjamah dalam pembelajaran insya' mata pelajaran bahasa Arab kelas VIII SMP-IT Assalaam Boarding School Pekalongan, problematika penerapan metode gramatika-tarjamah dalam pembelajaran insya' dan hasil penerapan metode gramatika-tarjamah dalam pembelajaran insya' mata pelajaran bahsa Arab kelas VIII SMP-IT Assalaam Boarding School pekalongan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode gramatika-tarjamah dalam kemampuan insya' mata pelajaran bahasa Arab peserta didik kelas VIII SMP-IT Assalaam Boarding School Pekalongan, untuk mengetahui problematika penerapan metode gramatika-tarjamah dalam kemampuan insya' ,mata pelajaran bahasa Arab peserta didik kelas VIII SMP-IT Assalaam Boarding School Pekalongan dan untuk mengetahui hasil penerapan metode grarnatika-tarjamah dalam kemampuan insya' mata pelajaran bahasa Arab peserta didik kelas VIII SMP-IT Assalaam Boarding School Pekalongan. Dan kegunaan penelitian ini dapat memberikan informasi yang berkaitan dengan pendidikan bahsa Arab Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan). Metode pengumpulan data penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu analisis dengan memberikan predikat kepada variabel yang akan diteliti sesuai dengan tolak ukur yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metope gramatika-tarjamah dalam pembelajaran insya' mata pelajaran bahasa Arab di SMP-IT Assalaam Boarding School Pekalongan dapat menggunakan metode gramatika-tarjamah dalam pembelajaran insya', hanya saja terdapat beberapa problematika antara lain latar belakang peserta didik yang berbeda, minimnya kursus dan minat peserta didik yang berbeda-beda. Dan hasil dari penerapan metode gramatika-tarjamah dalam pembelajaran insya' mata pelajaran bahasa Arab sudah dikatakan efektif, hal ini dibuktikan dengan nilai hasil evaluasi peserta didik yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode gramatika-tarjamah, kemampuan insya' mata pelajaran bahasa arab
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:46
Last Modified: 31 Aug 2023 02:46
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3616

Actions (login required)

View Item View Item