Peningkatan karakter peserta didik melalui model jigsaw pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas vi di MI YMI Wonopringgo 03 Pekalongan semester I tahun pelajaran 2013/2014

Khamilah, Nur (2015) Peningkatan karakter peserta didik melalui model jigsaw pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas vi di MI YMI Wonopringgo 03 Pekalongan semester I tahun pelajaran 2013/2014. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
202309053 NUR KHAMILAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (7MB)
[img] Text (Thesis)
202309053 NUR KHAMILAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (17MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Salah satu KD dari mata pelajaran SKI materi Khalifah Umar bin Khathab adalah meneladani nilai-nilai positif dari Khalifah Umar bin Khathab. Nilai-nilai positif tersebut antara lain: pemberani Nilai pemberani yang dimiliki oleh Khalifah Umar bin Khathab tersebut yang ingin ditingkatkan kepada anak didik. Nilai atau karakter tersebut diharapkan dapat ditingkatkan kepada anak didik melalui pembelajatan dengan model jigsaw. Jigsaw merupakan model pembelajaran kooperatif dimana siswa dikelompokkan menjadi kelompokn I dan kelompok ahli. Adapun yang menjadi rumusan masalah adalah apakah penggunaan model Jigsaw pada mata pelajaran Sejarah kebudayaan Islam dapat meningkatkan karakter pada anak didik kelas VI di MI YMI Wonopringgo 03?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan karakter anak didik kelas VI di MI YMI Wonopringgo 03 melalui model Jigsaw pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Kegunaan penelitian ini adalah sebagai panduan atau referensi bagi para pendidik dalam meningk:atkan karakter anak didik melalui model Jigsaw pada mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif semtara menggunakan metode PTK. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah bahwa penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada mata pelajaran SKI kelas VI sebanyak 3 siklus. Gambaran teknis penelitian tindakan kelas ini terdapat empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setelah dilaksanakannya penelitian tindakan kelas ini terjadi peningkatan karakter pada anak didik pada tiap siklusnya. Siswa yang termasuk kategori sangat baik dalam berdiskusi, artinya mereka sudah mampu menggali materi, membahas materi, memahami materi serta menyampaikannya kepada teman secara mandiri terjadi peningkatan dari siklus.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuslih, MohammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Karakter Peserta Didik, Model Jigsaw dan Mapel SKI
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 31 Aug 2023 03:33
Last Modified: 31 Aug 2023 03:33
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3622

Actions (login required)

View Item View Item