Analisis Perilaku Marketer Dalam Penanganan Pembiayaan (Tinjauan Atas Uasar Kesesuaian Marketing Syariah Di Bmt Mitra Umat Pekalongan)

Apriliana, Nurul (2014) Analisis Perilaku Marketer Dalam Penanganan Pembiayaan (Tinjauan Atas Uasar Kesesuaian Marketing Syariah Di Bmt Mitra Umat Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.

[img] Text
2012110004 NURUL APRILIANA BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (10MB)
[img] Text
2012110004 NURUL APRILIANA BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (21MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Banyak perilaku marketer yang tidak sesuai dengan aturan yang ditetapkan, seperti maraknya kasus yang terjadi di sekitar kita yaitu kasus konspirasi pembiayaan, riswah, kredit bermasalah dan terutama karedit fiktif yang terjadi di bank-bank besar sekalipun. Kasus-kasus tersebut menyebabkan perusahaan collapse dan menanggung kerugian serta membobol tingkat kepercayaan masyarakat, apalagi di lembaga keuangan mikro seperti BMT tidak menggunakan jaminan simpanan. Kasus-kasus tersebut di sebabkan tanpa perilaku marketing sesuai islami. Berdasarkan hal tersebut, permasalahan yang dibahas dalam Tugas Akhir (TA) ini adalah Bagaimana perilaku marketer BMT Mitra Umat dalam penanganan pembiayaan. Bagaimana pengaruh perilaku marketer terhadap fluktuasi penanganan pembiayaan di BMT Mita Umat. Apakah perilaku marketer BMT Mitra Umat sesuai dengan marketing syariah. J enis penelitian yang digunakan untuk menyusun Tugas Akhir ini adalah penelitia lapangan. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dan observasi dengan pihak BMT Mitra Umat Pekalongan dan beeerapa nasabah pembiayaan. Data sekunder diperoleh dari referensi berupa buku-buku, karya ilmiah, internet dan sumber-sumber lain yang relevan dengan pembahasan masalah yang diteliti. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan metode analisa deskriptif. Hasil penelitian Tugas Akhir ini menjelaskan bahwa perilaku marketer dalam penanganan pembiayaan telah sesuai dengan nilai-nilai syariah yang mengutamakan kejujuran dan keadilan tidak melanggar peraturan yang ditetapkan BMT Mitra Umat. Marketer mengedepankn kenyamanan nasabahnya, menjaga kepercayaan nasabahnya, serta bertanggung jawab. Seluruh kegiatan penanganan pembiayaan berdasarkan prinsip marketing syariah, semua operasionalnya tidak bertentangan dengan prinsip marketing syariah, walaupun secara teori para marketer pembiayaan belum sepenuhnya memahami prinsip marketing syariah. Seluruh prinsip-prinsip pemasarannya berbasis syariah, secara garis besar kegiatannya tidak keluar dari prinsip Marketing Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAsytuti, RindaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorPuspitasari, DewiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perilaku Marketer Dalam Penanganan Pembiayaan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.3 Hukum Keluarga, Hukum Perkawinan, Hukum Pernikahan Menurut Islam, Munakahat
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 340 Law (Ilmu Hukum) > 346.01 Domestic Relations, Family Law, Marriage/Hukum Keluarga, Hukum Pernikahan
Divisions: Fakultas Syariah > Prodi Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 18 Oct 2023 08:02
Last Modified: 18 Oct 2023 08:02
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3711

Actions (login required)

View Item View Item