Penggunaan Internet Banking dalam Menunjang Pelayanan Perbankan Syariah (Studi Kasus di BNI Syariah Cabang Pekalongan)

Noviana, Laela (2013) Penggunaan Internet Banking dalam Menunjang Pelayanan Perbankan Syariah (Studi Kasus di BNI Syariah Cabang Pekalongan). Diploma thesis, STAIN Pekalongan.

[img] Text
2012110014 LAELA NOVIANA BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (7MB)
[img] Text
2012110014 LAELA NOVIANA BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (21MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Perkembangan teknologi informasi saat ini berdampak sangat besar pada perilaku konsumen. Dampak perkembangan teknologi ini menyebabkan semakin banyak persaingan terutama pada perusahaan jasa. Teknologi informasi ini bertujuan untuk mengimbangi kebutuhan manusia yang semakin lama semakin meningkat dan beraneka ragam. Salah satunya adalah BNI Syariah, yang memberikan layanan Internet Banking untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabahnya, dan memberikan kemudahan dalam bertransaksi di mana dan kapan saja. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimana peran dan penggunaan Internet Banking dalam menunjang pelayanan perbankan syariah. _ Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan metode analisis deskriptif, karena pada penelitian ini penulis mendeskripsikan peran dan penggunaan Internet Banking dalam menunjang pelayanan perbankan syariah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran dari Internet Banking, yaitu (1) Internet Banking memberikan kemudahan bagi nasabah yang ingin bertransaksi secara cepat, murah, aman, nyaman selama 24 jam per hari, dan dapat dilakukan kapan dan di mana saja, serta tanpa perlu mendatangi kantor cabang. (2) Internet Banking memudahkan nasabah melakukan pengecekan saldo rekening, eek mutasi rekening, transfer antarrekening maupun antar bank, hingga pembayaran tagihan-tagihan rutin bulanan seperti, listrik, telepon, kartu kredit, dan lain-lain. Pelayanan dengan menggunakan Internet Banking sudah bisa dikatakan efektif, karena ketika bertransaksi dengan Internet Banking biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah dari pada datang langsung ke kantor cabang, serta hasilnya pun lebih cepat tanpa perlu menunggu terlalu lama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNasrullah, MUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDImanto, KuatUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penggunaan, Internet Banking, Pelayanan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 18 Oct 2023 08:02
Last Modified: 18 Oct 2023 08:02
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3726

Actions (login required)

View Item View Item