Qulub, Anisatul (2014) Telaah Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Salaf Al Arifiyah Kebulen Pekalongan Dan Pondok Pesantren Modern Daaru Ulil Albaab Tegal(Studi Perbandingan Pondok Pesantren Tradisional dan Pondok Pesantren Modern). Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.
Other (Thesis)
2022110020 ANISATUL QULUB BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (18MB) |
|
Other (Thesis)
2022110020 ANISATUL QULUB BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (38MB) |
Abstract
Kurikulum atau rancangan merupakan suatu ciri utama dan merupakan syarat mutlak dalam pendidikan. Kurikulum merupakan salah satu instrumen dari suatu lembaga pendidikan, termasuk pendidikan pesantren. kurikulum merupakan syarat mutlak bagi pendidikan. Jika kurikulum merupakan syarat mutlak, berarti kurikulum merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pendidikan. Komponen dalam kurikulum diantaranya: Tujuan, Materi, Metode, Media, Evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kurikulum Pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Tradisional, mendeskripsikan bagaimana kurikulum pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Modem, mendeskripsikan persamaan dan perbedaan kurikulum pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren tradisional dan modem. Metode Penelitian ini menggunaan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Tehnik pengumpulan data menggunakan metode pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan sumber data yang digunakan ada dua yaitu sumber data primer dan sekunder. Jenis analisis data yang digunakan yaitu deksriptif induktif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa sistem Kurikulum Pondok Pesantren Salaf menggunakan sistem pendidikan agama. Sedangkan Sistem Kurikulum Pondok Pesantren Modem Daaru Ulil Albaab Tegal, secara keseluruhan menggunakan perpaduan dua sistem, sistem pendidikan agama dengan mengacu pada Kurikulum Pondok Modem Gontor, dan sistem pendidikan umum yang mengacu pada Kurikulum pendidikan Nasional. Masing-masing pondok pesantren salaf dan modem mempunyai komponen penting yang harus ada yaitu adanya tujuan, materi, metode, media dan evaluasi. Persamaan pada kedua pondok yaitu PPS Al Arifiyah Pekalongan dan PPM Daaru Ulil Albaab Tegal mempunyai satu tujuan umum yaitu sama-sama membangun karakter insan yang mengetahui, mengerti dan memahami agama Islam selain itu juga pada aspek bahasa Arab baik bahasa Arab yang bersifat teori ataupun praktiknya. Sedangkan perbedaannya yaitu pada tujuan akhir pernbelajaran bahasa Arab PPS Al Arifiyah Pekalongan berorientasi dalam mempelajari al qur 'an dan membaca kitab dan PPM Daaru Ulil Albaab Tegal lebih memfokuskan peranan bahasa Arab sebagai bahasa komunikatif Pembelajaran bahasa Arab di PPS Al Arifiyah menggunakan metode tata bahasa dan terjemah (qawt: 'id tarjamah). Sedangkan PPM Daaru Ulil Albaab Tegal menggunakan metode langsung (tariqah al-mubasyirah/direct method).
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum pembelajaran bahasa Arab pondok pesantren | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Akhiroh Ghufron | ||||||||
Date Deposited: | 21 Sep 2023 03:11 | ||||||||
Last Modified: | 21 Sep 2023 03:11 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3778 |
Actions (login required)
View Item |