Strategi Promosi Produk SKIM 3 (Simpanan Keluarga Investasi Mandiri 3) di KJKS BMI' An-Najah Wiradesa Periode Tahun 2010-2012.

Riyadloh, Riyadloh (2014) Strategi Promosi Produk SKIM 3 (Simpanan Keluarga Investasi Mandiri 3) di KJKS BMI' An-Najah Wiradesa Periode Tahun 2010-2012. Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.

[img] Text
2012110057 RIYADLOH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (6MB)
[img] Text
2012110057 RIYADLOH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Promosi merupakan salah satu kegiatan marketing mix. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sama pentingnya dengan keenam marketing mix yang lain. Dalam kegiatan ini setiap BMT berusaha untuk mempromosikan seluruh produk dan jasa yang dimilikinya. Tanpa promosi jangan diharapkan nasabah dapat menngenal BMT. Oleh karena itu, promosi merupakan sarana yang paling ampuh untuk menarik dan mempertahankan nasabahnya. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana strategi promosi KJKS BMT An-Najah Wiradesa dan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat KJKS BMT An-Najah dalam menerapkan strategi promosinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi promosi KJKS BMT An-Najah dalam memasarkan produk SKIM dan untuk mengetahui fak:tor penghambat dan faktor pendukung dalam menerapkan strategi promosinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, artinya suatu pendekatan dalam melakukan penelitian yang berorientasi pada fenomena atau gejala yang bersifat alami, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi lapangan (field research). Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data skunder. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu interview, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif.. Jadi, strategi promosi yang dilakukan oleh KJKS BMT An-Najah Wiradesa dalam memasarkan produk SKIM adalah, periklanan dengan menyebar brosur dan pamfet. Faktor pendukung periklanan adalah biaya untuk iklan dengan media brosur dan pamflet lebih murah dan fleksibel. Sementara faktor penghambatnya adalah mudah diabaikan, diperlukan kemampuan membaca dan perhatian, membutuhkan proses penyusunan dan penyebaran yang kompleks, dan membutuhkan waktu yang relatif lama. bahan yang digunakan mudah sobek. Personal Selling dilakukan dengan presentasi di depan individu dan majelis. Faktor pendukungnya adalah masyarakat lebih memperhatikan pesan yang kita sampaikan, dapat terjadi komunikasi dua arah, dapat menjelaskan produk SKIM dengan lebih lengkap, dan merupakan sarana promosi yang paling efektif. Sementara untuk publisistas KJKS BMT An-Najah belum memakai publisitas untuk membangun opini publik. Dan untuk promosi penjualan dilakukan dengan pemberian bonus, pemberian reward, dan pemberian cinderamata. Faktor penghambatnya: hanya dapat menjangkau sedikit anggota, jangkauan wilayah promosi yang luas, waktu promosi yang relative singkat, butuh biaya yang besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusminingsih, SusminingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorTamamudin, TamamudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Promosi, strategi promosi, produk, SKIM 3
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 18 Oct 2023 08:03
Last Modified: 18 Oct 2023 08:03
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3795

Actions (login required)

View Item View Item