Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Dalam Memilih Produk Simpanan Sukarela (Sirela) Di Kjks Bmt An-Najah Wiradesa

Aryani, Indah (2015) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Dalam Memilih Produk Simpanan Sukarela (Sirela) Di Kjks Bmt An-Najah Wiradesa. Diploma thesis, STAIN Pekalongan.

[img] Text
2012111032 INDAH ARYANI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (13MB)
[img] Text
2012111032 INDAH ARYANI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (30MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Minat nasabah terhadap daya tarik produk yang ditawarkan di lembaga keuangan Bank maupun BMT dipengaruhi oleh banyak faktor. Yang memotivasi masyarakat untuk menggunakan jasa lembaga keuangan syari'ah salah satunya adalah produk-produk apa saja yang ditawarkan sehingga dapat menarik nasabah untuk memilihnya. Untuk masyarakat awam minat produk adalah motivator terpenting untuk mendorong penggunaan jasa pada lembaga keuangan syari' ah. Rumusan masalah yang dikaji dalam Tugas Akhir ini adalah faktor apa saja yang mempengaruhi minat nasabah dalam memilih produk Simpanan Sukarela (Sirela) di KJKS BMT An-Najah Wiradesa. Tujuan yang ingin di capai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi minat nasabah dalam memilih produk Simpanan Sukarela (Sirela) di KJKS BMT An-Najah Wiradesa. Kegunaan penelitian sebagai bahan pertimbangan para praktisi lembaga keuangan syariah pada umumnya, dan BMT An-Najah Wiradesa pada khususnya agar meningkatkan kualitas produk simpanannya. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, kuesioner dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan deskriptifkuantitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi minat nasabah dalam memilih produk simpanan sukarela (Sirela) di KJKS BMT An• Najah Wiradesa terbagi menjadi 2 (dua) yakni Pertama, Faktor Non Ekonomi, meliputi: Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, dan Faktor Psikologi. Kedua, Faktor Ekonomi, meliputi: Faktor Product (Produk), Faktor Price (Harga), Faktor Place (Tempat), Faktor Promotion (Promosi), Faktor People (Orang), Faktor Psysical Evidence (Bukti Fisik), Faktor Process (Proses). Namun dari sekian banyak faktor yang paling dominan mempengaruhi nasabah dalam memilih produk simpanan sukarela (Sirela) di KJKS BMT An-Najah Wiradesa adalah Faktor Budaya karena tidak mengandung riba dan Faktor Product (Produk) karena dijadikan sebagai investasi yang akan dikerjasamakan pada usaha-usaha mikro yang menguntungkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSurur, A. TubagusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDMa'shum, M. KhafidzUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Minat Nasabah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 18 Oct 2023 08:04
Last Modified: 18 Oct 2023 08:04
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3850

Actions (login required)

View Item View Item