Implementasi sekolah adiwiyata sebagai upaya pembentukan sikap peduli lingkungan siswa dan relevansinya dengan nilai-nilai pendidikan agama islam di SMP Negeri 2 Petarukan

Nafsiyah, Nafsiyah (2023) Implementasi sekolah adiwiyata sebagai upaya pembentukan sikap peduli lingkungan siswa dan relevansinya dengan nilai-nilai pendidikan agama islam di SMP Negeri 2 Petarukan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119256_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2119256_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Sekolah adiwiyata merupakan sekolah yang peduli terhadap lingkungan. Komponen yang harus ada dalam sekolah adiwiyata, di antaranya: 1) Kebijakan berwawasan lingkungan, 2) Pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, 3) Kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, dan 4) Pengelolaan sarana pendukung lingkungan. Sikap peduli lingkungan dapat diartikan sebagai perhatian setiap individu terhadap lingkungan yang diwujudkan dalam tindakan/perilakunya. Perilaku yang dilakukannya dapat terkait dengan kebersihan lingkungan, kebersihan rumah, usaha hemat energi, pemanfaatan kebun/pekarangan, dan penanggulangan sampah. Adapun rumusan masalah pada penelitia ini adalah bagaimana implementasi sekolah adiwiyata sebagai upaya pembentukan sikap peduli lingkungan siswa SMP Negeri 2 Petarukan?, bagaimana relevansi sekolah adiwiyata dengan nilai-nilai pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Petarukan?, apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program adiwiyata di SMP Negeri 2 Petarukan?. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui implementasi sekolah Adiwiyata di SMP Negeri 2 Petarukan dan mengetahui relevansi sekolah Adiwiyata dengan nilai-nilai pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Petarukan serta mngetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan Sekolah adiwiyata di SMP Negeri 2 Petarukan. Jenis penelitian ini adalah Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan, wawancara, dokumentasi dan observasi. Sedangkan metode analis data menggunakan analisis data kualitatif dengan metode trianggulasi. Dari hasil penelitian bahwa Implementasi sekolah adiwiyata yang dilaksanakan SMP Negeri 2 Petarukan sudah cukup baik, hal ini dibuktikan dalam pelaksanaannya teratur sesuai tahapan. Kemudian Sekolah adiwiyata memiliki relevansi atau hubungan dengan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam. Adapaun faktor Pendukungnya yaitu pimpinan dan kerja sama seluruh civitas akademik. Sedangkan untuk faktor penghambat sarana prasarana yang kurang memadai dan lingkungan keluarga dan masyarakat yang kurang mendukung.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIskarim, MochammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi adiwiyata, sikap peduli lingkungan, nilai-nilai pendidikan agama islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 03 Oct 2023 07:25
Last Modified: 26 Jan 2024 09:26
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3870

Actions (login required)

View Item View Item