Implementasi Metode Eklektik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Kelas Vii Di Mts Takhassus Al-Inaaroh Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang

Isfaroza, Isfaroza (2023) Implementasi Metode Eklektik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Kelas Vii Di Mts Takhassus Al-Inaaroh Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2218041_COVER_BAB 1 DAN BAB V_DP.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2218041_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Isfaroza. 2023. Implementasi Metode Eklektik dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Kelas VII di MTs Takhassus Al-Inaaroh Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Muhammad Alghiffary, M.Hum. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kendala dalam memilih metode pembelajaran yang tepat untuk menunjang pembelajaran bahasa Arab karena metode pembelajaran merupakan faktor penentu keberhasilan suatu pembelajaran. Maka dari itu perlu dilakukan inovasi terhadap metode pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan metode eklektik. MTs Takhassus Al-Inaaroh Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang merupakan salah satu madrasah yang menerapkan metode eklektik dalam pembelajaran bahasa Arab. Permasalahan yang dibahas pada skripsi ini adalah bagaimana implementasi metode eklektik dalam pembelajaran bahasa Arab pada kelas VII di MTs Takhassus Al-Inaaroh Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang, dan apa faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi metode eklektik dalam pembelajaran bahasa Arab pada kelas VII di MTs Takhassus Al-Inaaroh Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang. Tujuan yang akan dicapai pada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi metode eklektik dalam pembelajaran bahasa Arab pada kelas VII di MTs Takhassus Al-Inaaroh Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang. Serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi metode eklektik dalam pembelajaran bahasa Arab pada kelas VII di MTs Takhassus Al-Inaaroh Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian lapangan (field research) dengan mengambil tempat di MTs Takhassus Al-Inaaroh Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang dilakukan meliputi reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran bahasa Arab di MTs Takhassus Al-Inaaroh Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang dengan metode eklektik dapat menjadikan peserta didik lebih percaya diri berbicara bahasa Arab di depan kelas, peserta didik mampu melafalkan dan menghafalkan kosakata tema al-‘unwan, peserta didik mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Arab dengan baik dan peserta didik dapat berperan aktif dalam pembelajaran. Adapun faktor pendukung implementasi metode eklektik dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Takhassus Al-Inaaroh Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang adalah profesionalisme guru, dan adanya bi’ah lughawiyah. Sedangkan faktor penghambat implementasi metode eklektik dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Takhassus Al-Inaaroh Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang adalah peserta didik kurang memahami materi yang disampaikan, dan latar belakang pendidikan peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAlghiffary, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Eklektik, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 24 Oct 2023 09:51
Last Modified: 24 Oct 2023 09:51
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3874

Actions (login required)

View Item View Item