Musfiro, Istiana (2023) Pengaruh Hedonic Shopping Value Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen Muslim Shopee Di Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
4119204_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (6MB) |
|
Text
4119204_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
Abstract
Sekarang ini terdapat banyak platform online atau e-commerce yang bermunculan untuk mendukung kegiatan manusia seperti untuk berbelanja. Dengan tingginya tingkat perkembangan E-commerce di Indonesia akan dapat memberikan sebuah pengaruh pada perilaku konsumen dan menjadi pendorong munculnya fenomena impluse buying. Saat ini kebutuhan konsumen dipengaruhi oleh gaya hidup dan keinginan. Apabila perilaku konsumtif hedonis semakin tinggi dan kegiatan berbelanja yang dijadikan sebagai gaya hidup, maka terjadinya pembelian secara impulsif kemungkinan semakin tinggi dan dalam melakukan keputusan, impluse buying lebih berfokus pada emosi yang menjadikan kesenangan dibandingkan dengan menggunakan logika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan mengetahui adanya pengaruh hedonic shopping value dan shopping lifestyle terhadap impulse buying melalui positive emotion. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dengan sampel sebanyak 96 responden. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis jalur dengan bantuan SPSS 24.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa hedonic shopping value dan shopping lifestyle secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap positive emotion konsumen muslim Shopee di Kota Pekalongan. Hedonic shhopping value tidak berpengaruh terhadap impulse buying konsumen muslim Shopee di Kota Pekalongan. Shopping lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying konsumen muslim Shopee di Kota Pekalongan. Positive emotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying konsumen muslim Shopee di Kota Pekalongan. Positive emotion signifikan dan mampu memediasi hedonic shopping value terhadap impulse buying konsumen muslim Shopee di Kota Pekalongan. Positive emotion tidak signifikan dan tidak mampu memediasi shopping lifestyle terhadap impulse buying konsumen muslim Shopee di Kota Pekalongan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Hedonic Shopping Value, Shopping Lifestyle, Positive Emotion, Impulse Buying | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
Date Deposited: | 10 Oct 2023 02:33 | ||||||||
Last Modified: | 10 Oct 2023 02:33 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3910 |
Actions (login required)
View Item |