Mahendra, Firman Puja (2023) Penguatan Nilai-nilai Pancasila Dalam Pembelajaran di Kelas III SD Negeri Tegalsari 01 Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2318134_Cover_Bab 1 dan Bab V(1).pdf Download (1MB) |
|
Text
2318134_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Puja, Mahendra Firman. 2023. Penguatan Nilai-nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Di Kelas III SD Negeri Tegalsari 01 Kabupaten Batang, Skripsi S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing Rofiqotul Aini, M.Pd.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran PPKn. Salah satunya siswa tidak memperhatikan guru ketika menyampaikan materi, sibuk dengan dirinya sendiri, bermain dengan teman sebangku atau teman lainnya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan secara umum penerapan penguatanniali-nilai pancasila yang diberikan kepada guru kepada siswa SD Negeri Tegalsari 01. Rumusan masalah pada penelitian yang dilakukan adalah (1) Bagaimana penguatan nilai-nilai pancasila pada kegiatan pembelajaran di SD Negeri Tegalsari 01? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pada penerapan penguatan nilai-nilai pancasila pada kegiatan pembelajaran di SD Negeri Tegalsari 01?. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif karena peneliti mendeskripsikan suatu fenomena atau suatu keadaan yang sebenarnya dialami oleh pihak subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan penguatan nilai-nilai pancasila pada kegiatan pembelajaran di SD Negeri Tegalsari 01, sudah menerapkan dengan baik meliputi penguatan internal dan eksternal berupa menerapkan sila kesatu yaitu berdoa bersama, menerapkan sila kedua yaitu pemilihan ketua kelas, sila ketiga membentuk kelompok kecil, sila keempat menerapkan pembelajaran bersama dan sila kelima dengan mengadakan jumat bersih. Untuk faktor pendukung dengan meliputi kesadaran diri siswa, lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya kesadaran diri siswa, kurangnya perhatian siswa dan minat pada materi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Penguatan, Nilai-nilai Pancasila | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 26 Oct 2023 04:39 | ||||||||
Last Modified: | 26 Oct 2023 04:39 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4068 |
Actions (login required)
View Item |