Octadila, Nur Afni (2023) Perubahan Bahasa Anak Dalam Berinteraksi Dengan Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Nahdatul Ulama (MINU) Rowolaku Kecamatan Kajen Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2318222_Cover_Bab I dan Bab Va.pdf Download (2MB) |
|
Text
2318222_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Bahasa berubah dan berkembang secara nasional maupun internasional karena adanya akulturasi budaya dan perpindahan penutur bahasa. Hal ini mengakibatkan munculnya dialek baru, pembentukan kata-kata baru, dan kadang-kadang perubahan sintaksis. Dalam konteks yang ada, perubahan bahasa bisa terjadi pada anak ketika berinteraksi dengan guru ketika di sekolah. Problematika ini menimbulkan dampak positif dan negatif bagi anak itu sendiri ketika pembelajaran. Pada permasalahan yang ada peneliti akan mengkaji perubahan bahasa anak yang terjadi di MINU Rowolaku Kajen. Untuk mengkaji ini, peneliti memaparkan beberapa rumusan masalah, yaitu: 1) Bagaimana perubahan bahasa anak dalam berinteraksi dengan guru?, dan 2) Apa saja yang menyebabkan terjadinya perubahan bahasa anak dalam berinteraksi dengan guru di MINU Rowolaku?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perubahan bahasa anak dalam berinteraksi dengan guru dan menganalisis apa saja yang menyebabkan terjadinya perubahan bahasa anak dalam berinteraksi dengan guru di MINU Rowolaku. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan. Menggunakan data primer dari kepala madrasah, guru, tenaga pendidik, dan perwakilan siswa MINU Rowolaku, dan data sekunder yaitu dokumen pendukung di MINU Rowolaku. Untuk pengambilan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, serta analisis dimulai dari reduksi data kemudian penyajian data dan yang terakhir yaitu penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Anak-anak di MINU Rowolaku mengalami perubahan berinteraksi dengan guru akibat latarbelakang bahasa dan ;budaya anak-anak.: dan 2) mencakup lingkungan sosial, pengaruh keluarga, media sosial, tingkat kepercayaan diri anak dalam berbicara, pengaruh lingkungan tempat tinggal, dan pengalaman belajar bahasa di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Anak, Interaksi, Komunikasi siswa dan guru | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 26 Oct 2023 07:46 | ||||||||
Last Modified: | 22 Jan 2024 02:06 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4087 |
Actions (login required)
View Item |