Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII Di MTs Al Fatah Talun

Mufrodhi, Sigit (2023) Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII Di MTs Al Fatah Talun. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2041116084_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2041116084_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Mufrodhi, Sigit. 2023. Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII di MTs Al Fatah Talun. Skripsi Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam Universitas Islam Negeri K.H. ABDUURRAHMAN WAHID Pekalongan. Pembimbing: Annisa Mutohharoh, M.Psi. Minat belajar pada siswa sangat penting, karena dengan memiliki minat belajar maka siswa akan lebih mudah untuk memahami suatu pelajaran dan akan berpengaruh terhadap hasil belajar yang dicapai. Siswa yang memiliki minat terhadap subjek tertentu cenderung untuk memberikan perhatian yang lebih besar terhadap subjek tersebut. Minat yang tidak ada pada suatu pelajaran adalah salah satu faktor yang menyebabkan kurangnya minat siswa dalam belajar. Layanan bimbingan konseling yang diberikan oleh guru bimbingan konseling seperti layanan bimbingan kelompok dan individu dapat membantu mereka dalam mencapai hasil belajar yang optimal. Maka peran guru bimbingan konseling sangat dibutuhkan untuk menumbuhkan minat belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana minat belajar siswa kelas VIII di MTs Al Fatah Talun? 2)Bagaimana peran guru bimbingan konseling dalam menumbuhkan minat belajar siswa kelas di VIII MTs Al Fatah Talun? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui minat belajar siswa kelas di VIII MTs Al Fatah Talun. 2) Mengetahui peran guru bimbingan konseling dalam menumbuhkan minat belajar siswa kelas VIII di MTs Al Fatah Talun. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Siswa kelas VIII di MTs Al Fatah Talun 65% minat belajar siswanya masih sangat rendah. Siswa sering merasa tidak senang di dalam kelas hal ini desebabkan oleh kurangnya minat siswa pada pelajaran tertentu, seperti matematika, bahasa inggris dan bahasa arab. Guru bimbingan konseling dalam menumbuhkan minat belajar siswa dengan mengadakan konseling individu dan bimbingan kelompok. Peran guru bimbingan konseling sudah mampu menumbuhkan minat belajar siswa. Hal tersebut sesuai dengan pernyataan siswa dalam proses wawancara bahwa setelah mendapat layanan bimbingan konseling dari guru bimbingan konseling mampu memberi perubahan siswa dalam meningkatkan minat belajar. Peran guru bimbingan konseling dalam menumbuhkan minat belajar siswa kelas VIII di MTs Al Fatah Talun antara lain: a. Peran guru bimbingan konseling sebagai konselor, b. Peran guru bimbingan konseling sebagai konsultan, c. Peran guru bimbingan konseling sebagai agen perubahan, d. Peran guru bimbingan konseling sebagai agen pencegahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMutohharoh, AnnisaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar Siswa, Peran Guru Bimbingan Konseling.
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 30 Oct 2023 08:07
Last Modified: 30 Oct 2023 08:07
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4119

Actions (login required)

View Item View Item