Pengembangan pendidikan karakter melalui wisma teladan di panjang baru (studi kasus wisma teladan Fatimah Az-Zahra)

RUSWATI, RUSWATI (2014) Pengembangan pendidikan karakter melalui wisma teladan di panjang baru (studi kasus wisma teladan Fatimah Az-Zahra). Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021110229 RUSWATI BAB I, V DAN LAMP.PDF

Download (7MB)
[img] Text
2021110229 RUSWATI FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

RUSWATI. 2014; PENGEMBANGAN MELALUI WISMA TELADAN DI P ANJANG BARU (Studi Kasus Wisma Teladan Madani Fatimah Az-Zahra). Skripsi Jurusan/Program Studi: Tarbiyah/S PAI Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Pembimbing: Abdul Khobir, M.Ag Kata kunci: Pendidikan Karakter, Wisma Teladan Pendidikan merupakan salah satu bidang yang sangat penting dalam menata kehidupan manusia. Dalam kehidupan modern, tentu dapat dilihat perubahan-perubahan signifikan dalam tingkah laku mahasiswa, dan bisa dikatakan bahwa mahasiswa saat ini sedang mengalami dekadensi moral (kemunduran akhlak). Hal ini disebabkan karena lemahnya pendidikan karakter. Karakter tidak lepas dari karakter seseorang dalam kehidupan sosial saja, akan tetapi bagaimana aplikasi nyata yang dilakukan seseorang dalam bermuamalah. Karakter yang disoroti di sini adalah karakter yang berkaitan dengan perbuatan yaitu kurangnya kesadaran dalam ibadah termasuk sholat sunah dan puasa sunah, kurangnya minat dalam mengikuti pembinaan atau mentoring, kurangnya memiliki rasa solidaritas antar sesama, masih cenderung individualisme, kurang komunikasi satu dengan yang lain, kurangnya efektivitas dalam dzikir bersama, dan kurang maksimalnya dalam menjalankan piket kebersihan dan rnasak. Usaha Wisma Teladan sampai pada bentuk tata terti.b, tetapi perlu adan~a ketegasan dan sanksi untuk menyikapi kondisi yang berada di Wisrna Tela an Fatimah Az• Zahra. Wisma Teladan Fatimah Az-Zahra merupakan wadah kecil yang berorientasi pada pembentukan karakter mahasiswa serta penanaman pendidikan karakter yang sesuai dengan tuntunan syariat Islam, sehingga mencetak mahasiswa cerdas dan Islami dalam rangka membangun masyarakat madani. Dalam upaya tersebut Wisma Teladan mencetuskan adanya [tata tertib agar dipatuhi semua santrinya. Salah satu sarana yang efektif untuk bisa mencapai cita-citt tersebut adalah pengelolaan kos, di mana pengelolaan Wisma Teladan Fatimah Az-Zahra menjadi hal yang sangat penting dan berpengaruh pada pembentukan karakter dan kepribadian mahasiswa. Melalui Wisma Teladan ini, diharapkan dapat berkembangnya karakter mahasiswa seperti kesadaran dalam beribadah, kemampuan berinteraksi dengan baik antara satu dengan, yang lainnya, mempunyai minat dalam mengikuti pembinaan atau mentoring, memiliki rasa solidaritas antar sesama, gotong royong, disiplin, memiliki tanggung jawab sosial, empati, menghargai orang lain, efektivitas dalam dzikir] bersama, dan maksimalnya dalam menjalankan piket kebersihan dan masak. Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana Pengembangan Melalui Wisma Teladan Di Panjang Baru?. Faktor-faktor Apa Saja yanj Mernpengaruhi Pengembangan Melalui Wisma Tcladan Di Panjang Baru?Sedangkan tujuan penelitian ini sekaligus menjawab permasalahan yang ad yaitu Untuk mengetahui Pengembangan melalui Wisma Teladan yang ada di Panjang Barn. Dan untuk Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Pengembangan melalui Wisma Teladan di Panjang Baru. NIH Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (Field Research). Sedangkan pengumpulan data yang diperlukan dalam penyusunan skripsi ini dari membaca buku-buku sumber primer maupun sekunder, mempelajari, mengkaji, serta memahahami kajian yang terdapat dalam buku-buku sumber, menganalisis dan membandingkan sumber data primer dengan sumber data sekunder. Analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mengumpulkan dan menyusun data, kemudian berusaha untuk menganalisis dan menafsirkan data tersebut. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pengembangan melalui Wisma Teladan yaitu monitoring Umi kos, dengan dimonitoring Umi kos Pengembangan dapat Menumbuhkan rasa keagamaan, rasa solidaritas, rasa kekeluargaan, gotong royong, menumbuhkan rasa saling menghargai, menghormati, dan menumbuhkan rasa persaudaraan. Dan ada banyak komponen yang digunakan dalam Pengembangan melalui Wisma Teladan yaitu tujuan Pengetnbangan melalui Wisma Teladan, materi yang berkaitan dengan Pengembangan melalui Wisma Teladan, pendidik atau murobbi, peserta didik atau mutarobbi. Dan adanya evaluasi yang dilakukan oleh Fatimah Az-Zahra. Faktor yang mempengaruhi Pengembangan Wisma Teladan yaitu Faktor pendukung: pembinaan atau mentoring, metode keteladan, pendampingan dan pembiasaan. Faktor penghambat: masih terdapat santri yang kurang disiplin, dan sa an dan prasarana yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Wisma Teladan Pendidikan merupakan salah satu bidang yang sangat penting dalam menata kehidupan manusia
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X0.01 Karangan-karangan tentang Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 01 Nov 2023 07:19
Last Modified: 01 Nov 2023 07:19
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4216

Actions (login required)

View Item View Item