AKROMURIJAL, AKROMURIJAL (2015) Pengaruh hubungan interpersonal antar siswa terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IX di SMP N 1 Bojong. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.
Text
2021110234 AKROMURIJAL BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (9MB) |
|
Text
2021110234 AKROMURIJAL BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (21MB) |
Abstract
Akromurijal. 2015. Pengaruh Hubungan Interpersonal Antar Siswa Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IX di SMP N 1 Bojong, Skripsi, Sarjana Tarbiyah Pendidikan Agama Islam, Pembimbing: Dr. Esti Zaduqisti, M. Si. Kata Kunci : Pengaruh Hubungan Interpersonal, dan Motivasi Belajar. Mo-tivasi belajar merupakan motor penggerak atau pendorong yang dapat menjadikan siswa belajar dengan lebih baik. Motivasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah hubungan interpersonal antar siswa. Hubungan interpersonal antar siswa merupakan hubungan yang terjalin antara siswa satu dengan lainnya. Permasalahan dalam skripsi ini meliputi: bagaimana hubungan _interpersonal antar siswa, motivasi belajar peserta didik, dan bagaimana pengaruh hubungan interpersonal antar siswa terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IX di SMP N 1 Bojong. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan interpersonal dan motivasi belajar siswa serta mengetahui pengaruh hubungan interpersonal terhadap motivasi belajar peserta didik. Kegunaan penelitian ini secara teoristis untuk memberikan sumbangan pemikiran bagi guru dan siswa tentang pengaruh hubungan interpersonal antar siswa terhadap motivasi belajar, sedangkan secara praktis untuk memperbaiki hubungan interpersonal antar siswa agar dapat terjalin hubungan interpersonal yang baik di lingkungan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, pendekatan penelitannya yakni pendekatan kuanlitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode penyebaran angket, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis regresi linier sederhana. Adapun objek penelitiannya adalah siswa SMP N 1 Bojong Kelas IX tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah populasi 288 siswa, dan diambil sampel 50 siswa. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa dampak hubungan interpersonal antar siswa terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IX di SMP N 1 Bojong, hasilnya cukup kuat dalam hal ini dibuktikan nilai R2 = 0.245 atau 24,5% motivasi belajar peserta didik kelas IX dapat dijelaskan oleh variabel hubungan interpersonal, sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Sedangkan dengan hasil perhitungan t test= 3,946 yang dikonsultasikan dengan "t" tabel baik taraf signifikansi 1 % yaitu 2,423 maupun taraf signifikansi 5% yaitu 2,704 dengan demikian dapat diinterpretasikan bahwa hipotesis "terdapat pengaruh antara hubungan interpersonal terhadap motivasi belajar" yang penulis ajukan dapat diterima kebenarannya karena adanya dampak positif dari hubungan interpersonal antar siswa terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IX di SMP N 1 Bojong. VI1
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh Hubungan Interpersonal, dan Motivasi Belajar. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Rizi Jawani | ||||||||
Date Deposited: | 01 Nov 2023 07:19 | ||||||||
Last Modified: | 01 Nov 2023 07:19 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4226 |
Actions (login required)
View Item |