Implementasi ekstrakurikuler pelajaran Qiro'ah dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-Quran siswa MTS Tholabuddin Masin Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang

Zuhrotunnisak, Zuhrotunnisak (2014) Implementasi ekstrakurikuler pelajaran Qiro'ah dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-Quran siswa MTS Tholabuddin Masin Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021110242 ZUHROTUNNISAK BAB I - V DAN LAMP.PDF

Download (5MB)
[img] Text
2021110242 ZUHROTUNNISAK FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (16MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Zuhrotunnisak.(Nim: 2021110242).2014. IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER PELAJARAN QOIRI'AH DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN SISWA MTs THOLABUDDIN MASIN KECAMATAN WARUNGASEM KABUPATEN BATANG. Skripsi Jurusan Tarbiyah PAI Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. H. A. Ubaedi Fathuddin, M. A. Kata kunci: Ekstrakurikuler Tilawatil Qur'an, membaca Al Qur'an Ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang dilakukan di luar jam pelajaran baik dilaksanakan di sekolah maupun di luar sekolah dengan maksud untuk !ebih memperkaya wawasan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimilikinya dari berbagai bidang studi. Salah satu fungsi ekstrakurikuler yaitu pengembangan bakat, minat atau potensi siswa. Dalam realitanya, MTs Tholabuddin Masin berhasil mengoptimalkan perkembangan kemampuan membaca AI Qr'an siswa dengan memasukkan ekstrakurikuler Til~watil Qur'an ke dalam jam pelajaran, dengan begitu dapat dijadikan sebagai contoh yang baik dan dapat ditiru oleh sekolah lainnya. Permasalahan dalam penelitian ini antara lain: (1) Bagaimana implementasi ekstrakurikuler pelajaran qir'ah dalam mengembangkan kemampuan membaca Al Qur'an siswa MTs Tholabuddin Masin? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi ekstrakurikuler pelajaran qir~'ah dalam mengembangkan kemampuan membaca Al Qur'an siswa MTs Tholabuddin Masin?. Tujuan penelitian skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui implementasi ekstrakurikuler pelajaran qir@'ah dalam mengembangkan kemampuan membaca AI Qur'an siswa, (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi ekstrakurikuler pelajaran qir@'ah. Sedangkan kegunaan penelitian skripsi ini adalah (1) Secara Teoritis untuk menambah pengetahuan, (2) Secara Praktis, Sebagai acuan bagi guru dan bahan pertimbangan bagi pengambil kebijakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan tehnik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi, serta tehnik analisis data dengan menggunakan metode induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi ekstrakurikuler pelajaran qir~'ah di MTs Tholabuddin Masin berjalan dengan baik, dengan dimasukkannya ke dalam jam pelajaran dapat membawa perubahan yang baik pada kemampuan membaca Al Qur' an siswa baik tajwid, tartil ataupun tahsinnya serta memberikan pengetahuan bagi siswa etika membaca Al Qur'an. (2) Faktor• faktor pendukung dan penghambatnya yaitu keterlibatan semua siswa, waktu, pengelolaan pembelajaran, kebijakan sekolah dan sarana prasarana yang ada sudah menunjang. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu perbedaan bakat dan waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorH. A. UbaediFathuddin, H. A. UbaediFathuddinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler Tilawatil Qur'an, membaca Al Qur'an
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X1.7 Musabaqah Tilawatil Qur'an, MTQ
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 16 Nov 2023 08:29
Last Modified: 16 Nov 2023 08:29
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4361

Actions (login required)

View Item View Item