Anugerah, Muhammad (2023) Pengaruh Penggunaan Gawai terhadap Kemampuan Pemecahan Soal Cerita Matematika melalui Variabel Minat Baca di Kelas XI Madrasah Al – Islamiyah Jakarta Barat. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
Muhammad Anugerah (2619060) Bab I-V.pdf Download (1MB) |
|
Text
Muhammad Anugerah (2619060) Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Kendala peserta didik dalam mengerjakan soal matematika adalah Kemampuannya dalam memecahkan soal cerita. Agar peserta didik bisa menjawab soal cerita dengan benar maka harus soal di baca dengan teliti. Keadaan minat baca dari peserta didik melemah di era modern karena ada pengaruhnya dengan tingginya penggunaan gawai. Penggunaan gawai juga bisa mempengaruhi secara langsung kemampuan pemecahan soal cerita matematika. Untuk itu peneliti tertarik melakukan penelitian tentang Pengaruh Penggunaan Gawai terhadap Kemampuan Pemecahan Soal Cerita Matematika melalui Variabel Minat Baca di Kelas XI Madrasah Al – Islamiyah Jakarta Barat. Adapun tujuan penelitian sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan gawai terhadap minat baca di kelas XI Madrasah Al – Islamiyah Jakarta Barat. 2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan gawai terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika di kelas XI Madrasah Al – Islamiyah Jakarta Barat. 3) Untuk mengetahui pengaruh minat baca terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika di kelas XI Madrasah Al – Islamiyah Jakarta Barat. 4) Untuk mengetahui pengaruh minat baca sebagai medisi pemakaian gawai terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika di kelas XI Madrasah Al – Islamiyah Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian (Field Research). Metode pada penelitian dengan survei. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Madrasah Aliyah Al-Islamiyah di Jakarta Barat yang berjumlah 44 siswa. sampel sebanyak 40 siswa diambil dengan teknik pengambilan sampel acak memanfaatkan rumus slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, instrumen tes dan angket. Data penelitian dapat dianalisis dengan menggunakan analisis regresi sederhana, dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan gawai memiliki pengaruh signifikan terhadap minat baca di kelas XI Madrasah Al-Islamiyah Jakarta Barat dengan hasil koefisien nilai thitung sebesar -6,552, signifikansi 0,000 dan Koefisien regresi sebesar -0,824 juga nilai hubungan korelasi sebesar 53%. 2) Penggunaan gawai memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika di kelas XI Madrasah Al-Islamiyah Jakarta Barat dengan hasil koefisien nilai thitung sebesar -9,534, signifikansi 0,000 dan Koefisien regresi sebesar -1,037 juga nilai hubungan korelasi sebesar 70,5%. 3) Minat baca memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika di kelas XI Madrasah Al-Islamiyah Jakarta Barat dengan hasil koefisien nilai thitung sebesar 5,415, signifikansi 0,000 dan Koefisien regresi sebesar 0,720 juga nilai hubungan korelasi sebesar 43,6%. 4) Minat baca tidak bisa memediasi penggunaan gawai terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika di kelas XI Madrasah Al-Islamiyah Jakarta Barat di tunjukan dengan nilai hasil pengujian bahwa nilai penggunaan gawai terhadap minat baca pada -thitung < -ttabel (-6,552 < -2,026) dengan tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). dan nilai penggunaan gawai terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika pada -thitung < -ttabel (-5,921 < -2,026), dengan tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Akan tetatapi, nilai minat baca terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika pada thitung < ttabel (0,797 < 2,026), dengan tingkat signifikansi lebih besar dari 0,05 (0,431 > 0,05).
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Gawai, Minat Baca, Kemampuan Pemecahan Soal Cerita Matematika | ||||||||
Subjects: | 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | Rosi Rosi | ||||||||
Date Deposited: | 09 Nov 2023 05:47 | ||||||||
Last Modified: | 09 Nov 2023 05:47 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4369 |
Actions (login required)
View Item |