Ulfa, Nur Milatul (2023) Pengaruh Model Pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa di SMK Muhammadiyah Pencongan Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
Nur Milatul Ulfa (2619071) Bab I-V.pdf Download (5MB) |
|
Text
Nur Milatul Ulfa (2619071) Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMK Muhammadiyah Pencongan Pekalongan masih dikatakan rendah sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang sesuai dengan permasalahan tersebut. Model Pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) merupakan proses pembelajaran yang mana mempunyai perspektif dominan yang terfokus bagimana memperoleh, menyimpan, kemudian memproses apa yang telah dipelajarinya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Bagaimamna kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam model pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review)? 2) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran MURDER (Mood, Recall, Digest, Expand, Review) terhadap kemampuan konsep matematis siswa?. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam model pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review), 2) menganalisis apakah terdapat pengaruh model pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian yang dilakukan di SMK Muhammadiyah Pencongan Pekalongan dengan metode eksperimen semu (quasi eksperimentasi) dengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 64 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, instrument tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebanyak 5 soal untuk pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) di SMK Muhammadiyah Pencongan berada pada interval 80 sampai 100 dengan kriteria sangat baik. 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Hal ini dibuktikan dari data hasil mean posttest kelas eksperimen yakni 80,19 dan mean posttest kelas kontrol yakni 59,94 terlihat bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih baik dari nilai rata-rata kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis | ||||||||
Subjects: | 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | Rosi Rosi | ||||||||
Date Deposited: | 09 Nov 2023 07:38 | ||||||||
Last Modified: | 09 Nov 2023 07:38 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4375 |
Actions (login required)
View Item |