Septiana, Rizkie (2018) Pengaruh shopping lifestyle, fashion involvement dan promosi penjualan terhadap impulse buying behavior (studi kasus pembelian hijab pada mahasiswi Jurusan Ekonomi Syariah angkatan 2015 IAIN Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (4MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Hijab saat ini telah menjadi kebutuhan utama bagi wanita selain sebagai upaya menjalankan perintah agama, juga sebagai penunjang penampilan. Dengan berkembang pesatnya industri fashion muslim yang ditandai dengan munculnya berbagai variasi produk hijab yang menarik dan memiliki nilai estetika yang tinggi, mendorong calon konsumen untuk melakukan tindakan pembelian tanpa direncanakan sebelumnya. Oleh karena itu Peritel perlu mencermati perilaku konsumen dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi calon konsumen untuk melakukan tindakan pembelian impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh shopping lifestyle, fashion involvement, dan promosi penjualan terhadap impulse buying behavior khususnya pembelian hijab pada Mahasiswi Jurusan Ekonomi Syariah angkatan 2015 IAIN Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswi aktif Jurusan Ekonomi Syariah angkatan 2015 IAIN Pekalongan. Sampling yang digunakan adalah Probability sampling, dengan teknik Simple Random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 80 responden dari 387. Sumber datanya berupa data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dinilai dengan skala likert 1-5. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Shopping lifestyle berpengaruh terhadap impulse buying behavior dengan nilai signifikansi sebesar 0,022 < 0,05 (2) Fashion involvement berpengaruh terhadap impulse buying behavior dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan (3) promosi penjualan berpengaruh terhadap impulse buying behavior dengan nilai signifikansi sebesar 0,007 < 0,05 (4) Hasil uji F variabel shopping lifestyle, fashion involvement dan promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap variabel impulse buying behavior dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dengan nilai F hitung 12,997 > F tabel 2,72. (5) Nilai adjusted R2 sebesar 31,3%, yang berarti impulse buying behavior khususnya pembelian hijab pada Mahasiswi Jurusan Ekonomi Syariah angkatan 2015 IAIN Pekalongan dapat dijelaskan oleh variabel shopping lifestyle, fashion involvement dan promosi penjualan. Sedangkan sisanya 68,7% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Shopping Lifesyle, Fashion Involvement, Promosi Penjualan, Impulse Buying Behavior | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Ridho Aji Anggana | ||||||||
Date Deposited: | 12 May 2020 03:56 | ||||||||
Last Modified: | 12 May 2020 03:56 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/439 |
Actions (login required)
View Item |