Yuli, Sari Dien (2015) Implementasi scientific approach terhadap perkembangan moral anak kelompok A TK ABA 02 Comal Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.
Other (Thesis)
2021211077 SARI DIEN YULI BAB I, V DAN LAMP.PDF Download (4MB) |
|
Other (Thesis)
2021211077 SARI DIEN YULI FULL TEXT.PDF Restricted to Registered users only Download (14MB) |
Abstract
Anak usia dini/Taman Kanak-kanak merupakan masa usia emas, dimana pada usia ini merupakan masa yang sangat penting dalam keseluruhan tahap manusia. Pada masa ini terjadi lonjakan dalam perkembangan anak yang tidak akan terjadi pada periode berikutnya. Jenjang taman kanak-kanak juga merupakan tahap untuk memperkenalkan kepada anak tentang realitas lingkungan hidup Yang lebih luas selain keluarganya. Anak usia Taman Kanak-kanak cenderung memandang sesuatu secara abstrak/keseluruhan, mereka belurn dapat membedakan dan memisahkan pengetahuan tentang objek, oleh karena itu model pembelajaran di TK menggunakan model pembelajaran tematik, di mana pendekatannya pembelajaran dengan scientific approach, karena di dalamnya mengandung unsur mengamati, menanya, mengolah, menyajikan, menyimpulkan, dan mencipta. Dengan diterapkannya pembelajaran dengan scientific approach di Taman Kanak-kanak khususnya TK ABA 02 Comal diharapkan bisa mengembangkan moral anak melalui scientific approach. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dilumuskan permasalahan yaitu: (a) bagaimana proses pembelajaran scientific approach terhadap perkembengan moral anak di TK ABA 02 Comal, (b) faktor-faktor penghambat dan pendukung dalam menerapkan pembelajaran scientific approach dalam mengembangkan moral anak di TK ABA 02 Comal. Tujuan dari peniltian ini untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran scientific approach dan untuk mengetahui faktor penghambat Serta pendukung dalam menerapkan pembelajaran scientific approach di TK ABA 02 Comal. penelitian ini juga berguna untuk memperkaya ilmu di bidang pendidikan dan khususnya dalam mengembangkan môral anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (fîeld reseach), dan dalam pengumpulan data metode Yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokum tasi. Adapun metode analisisnya menggunakan metode analisis deskriptif. Adapun hasil penelitian dalam skripsi ini adalah bahwa dalam mengimplentasikan scientific approach dalam mengembangkan moral anak Kelompok A TK ABA 02 Comal sudah di terapkan dengan cukup baik, hal ini dapat dilihat pada proses pembelajaranya mulai dari pelaksanaan pernbelajaran, materi Yang diajarkan, metode pembelajarannya dan evaluasi sudah meliputi pembelajaran dengan scientific approach. Dengan diterapkannya pembelajaran scientific approach di TK ABA 02 Comal kelOmpok A moral anak menjadi lebih baik hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi pembelajaran Yang dilakukan oleh guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Approach. Perkembangan Moral Anak | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Nani Nuryani | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 Nov 2023 05:09 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 Nov 2023 05:09 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4445 |
Actions (login required)
View Item |