Implikasi kedisiplinan santri dalam belajar Al-Qur'an terhadap penguasaan membaca al-qur'an di Pondok Pesantren Modern Al-Qur'an Buaran Pekalongan

Permana, Wahyu (2015) Implikasi kedisiplinan santri dalam belajar Al-Qur'an terhadap penguasaan membaca al-qur'an di Pondok Pesantren Modern Al-Qur'an Buaran Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021211082 WAHYU PERMANA BAB I - V DAN LAMP .PDF

Download (6MB)
[img] Other (Thesis)
2021211082 WAHYU PERMANA FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pondok Pesantren Modern Al-Qur'an Buaran merupakan Pondok Pesantren khusus tahfidz Qur'an yang berada di kota Pekalongan yang orientasi utama pendidüan adalah dapat menghafal Al-Qur'an secara 30 juz dengan fasih, benar, tepat dan lancar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakan kedisiplinan santri dalam Erlajaran Al-Qur'an di Pondok Pesantren Modern Al-Qur'an Buaran Pekalongan? tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kedisiplinan santri dalarn belajar Al-Qur'an di Pondok Pesantren Modern Al-Qur'an Buaran Pekalongan. Kegunaan penelitian ini adalah penelitian ini diharapkan dapat menarnbah wawasan dan khasanah keilmuan terutama dalam ilmu pendidikan dan pengajaran pembelajaran Al-Qur'an. Dari rumusan masalah tersebut, maka peneliti mengambil inisiatif menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan teknik analisis deskriptif analisis. Teknik rrngumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Ernelitian menunjukkan bahwa Implikasi kedisiplinan santri dalam belajar Al-Qur'an dan penguasaan membaca Al-Qur'an di Pondok Pesantren Modern Al-Qur'an Buaran Pekalongan, meliputi: l) Dari æ;pek guru/ ustadz„ para ustadz di PP Modern Al-Qur'an Buaran telah menajalankan fungsinya sebagai guru, yaitu melakukan transfer of knowledge, transfer of volues dan yang lebih penting adalah mampu memberikan tauladan untuk belajar menjadi orang yang disiplin. 2) Dari aspek metode, metode pembelajaran yang digunakan diantaranya metode Qiro'ati, metode ini ditujukan kepada santri-santri baru. 3) Dari segi Peserta didik/ santri, mereka memliki kasadaran dan kedisiplinan untuk menuntut ilmu, dari kesadaran dan kedisiplinan tersebut menjadikan mereka bersemangat dalam menjalani proses belajar mengajar, dan bukan karena motif ijazah oriented. 4) Dari aspek materi, dengan materi pembelajarannya ilmu-ilmu agama yang merujuk pada kitab-kitab karangan ulama salaf (kitab kuning).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZaeni, AkhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, al-qur'an
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 13 Nov 2023 06:21
Last Modified: 13 Nov 2023 06:21
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4450

Actions (login required)

View Item View Item