Peran guru PAI dalam membina moral peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 5 Pekalongan

Rezeki, Sri (2018) Peran guru PAI dalam membina moral peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 5 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Guru pada dasarnya adalah sebagai pendidik. Namun guru tidak hanya berperan sebagai pendidik saja, akan tetapi guru juga berperan sebagai pembimbing, sebagai penasihat, sebagai orangtua kedua untuk peserta didik, sebagai motivator, dan juga sebagai tauladan bagi peserta didik. Dalam pembinaan moral peserta didik kelas VIII di SMP Negeri pekalongan, guru berusaha memberikan pembelajaran dan nilai-nilai kebaikan menurut ajaran pendidikan Islam kepada peserta didik yang dilakukan pada saat proses pembelajaran berlangsung dan memberi tahu bagaimana cara menanamkannya dengan cara memberikan contoh sikap yang membina moral peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana kondisi moral peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 5 Pekalongan. 2) bagaimana peran guru PAI dalam membina moral peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 5 Pekalongan. 3) faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat guru PAI dalam membina moral peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 5 Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan kondisi moral peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 5 Pekalongan. 2) mendeskripsikan peran guru PAI dalam membina moral peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 5 Pekalongan. 3) mendeskripsikan faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat guru PAI dalam membina moral peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 5 Pekalongan. Pendekatan penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian dalam skripsi ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Milles and Huberman, melalui 3 langkah utama yaitu: Reduksi Data (Data Reduktion), penyajian data (Data Display), dan verifikasi (Conclusion Drawing) Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PAI dalam membina moral peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 5 Pekalongan: pertama, dilihat dari kondisi moral peserta didik itu sendiri sudah cukup baik, hal tersebut dapat dilihat dari kebiasaan mereka ketika berada di lingkungan sekolahseperti ketika bertemu dengan guru, peserta didik mengucapkan salam dan berjabat tangan, kemudian mengikuti kegiatan keagamaan yang ada di sekolah seperti tadaruz Al-Qur’an sebelum pembelajaran dimulai, menghafal juz amma di setiap pertemuan pelajaran PAI, kemudian juga melakukan kebersihan lingkungan yang dilakukan setiap hari jum’at. Untuk peran guru PAI dalam membina moral peserta didik yaitu guru PAI sangat berperan aktif dalam membina moral peserta didik, seperti guru berperan sebagai pendidik. Disini guru tidak hanya sekedar mendidik peserta didik hanya dengan memberikan materi saja, akan tetapi guru juga harus mendidik sikap mereka agar lebih baik, seperti berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, mengucapkan salam ketika bertemu dengan guru. Peran guru sebagai penasehat, guru PAI di SMP Negeri 5 Pekalongan selalu memberikan nasihat kepada peserta didiknya ketika peserta didik itu melakukan kesalahan. Di sini ada beberapa bentuk kegiatan yang dibentuk oleh guru PAI yaitu seperti adanya kegiatan kuliah ahad pagi, dalam kegiatan ini guru PAI menjadi narasumber untuk memberikan materi keagamaan kaitannya dengan pembinaan moral. Kedua,ada beberapa faktor yang menjadi pendukung guru PAI dalam membina moral peserta didik kelas VIII yaitu dari kepala sekolah, guru serta staf karyawan TU telah menyetujui dan mendukung kegiatan pembinaan moral tersebut. kemudian untuk faktor kendalanya yaitu kurangnya dorongan dari orangtua peserta didik, adanya pengaruh dari teman sebaya dan kurangnya kerjasama antara pihak guru dengan orangtua peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAbidin, M. YasinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Moral peserta didik.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Noorma Fitriana M. Zain
Date Deposited: 13 May 2020 01:26
Last Modified: 13 Jan 2021 09:11
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/450

Actions (login required)

View Item View Item