Implementasi pendidikan aswaja dalam membentuk kepribadian muslim siswa MA Salafiyah Simbangkulon Buaran Pekalongan

Nadia, Yani (2014) Implementasi pendidikan aswaja dalam membentuk kepribadian muslim siswa MA Salafiyah Simbangkulon Buaran Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021110247 YANI NADIA BAB I, V DAN LAMP.PDF

Download (5MB)
[img] Text
2021110247 YANI NADIA FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Nadia, Yani. 2014. Implementasi Pendidikan Aswaja Dalam Membentuk Kepribadian Muslim Siswa MA Salafiyah Simbangkulon Buaran Pekalongan. Skripsi Jurusan Tarbiyah STAIN Pekalongan. Pembimbing: Dr.H.Muhlisin,M.Ag Kata kunci: Materi Pendidikan Aswaja dan Kepribadian Muslim. Kepribadian muslim merupakan tujuan akhir dari setiap usaha pendidikan Islam. Kepribadian muslim diartikan sebagai identitas yang dimiliki oleh seseorang scbagai ciri khas dari keseluruhan tingkah laku sebagai muslim, baik yang ditampilkan sebagai tingkah laku lahiriah maupun sikap batiniahnya. Perkembangan ilmu selain membawa pengaruh positif juga berdampak negatif terhadap perubahan perilaku manusia dari segi moral dan kegersangan spiritual. Perkembangan ilmu ini hams diimbangi dengan pendidikan Islam yang memadai, dan pendidikan Aswaja merupakan salah satu komponen yang dimaksudkan untuk membentengi diri ditengah-tengah gempuran era globalisasi, dengan meningkatkan potensi spiritual dan membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta berkepribadian muslim. Dengan tctap melestarikan tradisi dan nilai• nilai Aswaja melaiui akhlak Aswaja yaitu akhlakul karimah. Atas dasar permasalahan diatas, penulis merumuskan masalah sebagai berikut: Bagaimana implementasi pendidikan Aswaja, Bagaimana implementasi pendidikan Aswaja dalam membentuk kepribadian muslim siswa, Bagaimana kepribadian muslim siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan Aswaja dalam membentuk kepribadian muslim siswa MA Salafiyah Simbangkulon Buaran Pekalongan. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi pemikiran dan wawasan tentang implementasi pendidikan Aswaja dalam membentuk kepribadian muslim siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Adapun hasil penelitian menjelaskan bahwa implementasi pendidikan Aswaja di MA Salafiyah Simbangkulon tidak hanya membekali siswa dengan pengetahuan teori dari kitab salaf (/Hujjah Ahlussunnah Wal Jama'ah), namun juga diimbangi dengan pembiasaan amaliyah-amaliyah Aswaja dan penjagaan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut menjadi salah satu upaya penting yang dilakukan pengurus dan para masyayikh untuk mewujudkan visi, misi dan tujuan MA Salafiyah Simbangkulon. Mencetak kepribadian muslim siswa dengan nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jama'ah yang berkarakter tasamuh, tawazun, i'tidal, tawasuth dan amar ma'ruf nahi munkar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorH. Muhlisin, H. MuhlisinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Materi Pendidikan Aswaja dan Kepribadian Muslim.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X0.3 Islam dan Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 16 Nov 2023 08:29
Last Modified: 16 Nov 2023 08:29
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4542

Actions (login required)

View Item View Item