Penguatan Sikap Moderasi Beragama pada Anak Usia Dini di MI Islamiyah Sawangan Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang

Kusnudin, Ali (2023) Penguatan Sikap Moderasi Beragama pada Anak Usia Dini di MI Islamiyah Sawangan Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
5321019 - Cover_Bab I_Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5321019 - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini; Penanaman sikap moderasi beragama masih kurang ditekankan di MI Islamiyah Sawangan Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. belum adanya program dari madrasah yang memfokuskan kepada penguatan moderasi beragama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap moderasi beragama, menganalisis strategi penguatan sikap moderasi beragama, menganalisis implementasi penguatan sikap moderasi beragama, menganalisis implikasi penguatan sikap moderasi beragama bagi anak usia dini di MI Islamiyah Sawangan Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis fenomologi. Subyek penelitian dilakukan di MI Islamiyah Sawangan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawacara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan : a). Sikap Moderasi Beragama MI Islamiyah Sawangan. Benih-benih moderasi beragama di MI Islamiyah Sawangan Gringsing sebenarnya sudah mulai tertanam sebelum tercentusnya konsep moderasi beragama yang dikembangkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Siswa MI Islamiyah Sawangan pada umumnya adalah warga asli Desa Sawangan serta desa-desa sekitar di Kecamatan Gringsing, yang hidup dalam kedamaian dan minim konflik. b). Strategi penguatan sikap moderasi beragama di MI Islamiyah Sawangan: 1). Dilaksanakan pada kegiatan pembelajaran. 2). Selain dilaksanakan pada kegiatan ekstrakurikuler 3). Kegiatan madrasah seperti upacara bendera, memutar lagu nasional. c.) Implementasi penguatan sikap moderasi beragama di MI Islamiyah Sawangan. Pada kegiatan pembelajaran guru memberikan tugas seperti berkunjung ke tempat ibadah agama lain, pengenalan tokoh agama dan tempat ibadah agama lain. Adanya deklarasi anti kekerasan yang ditandatangani seluruh siswa dan para guru, Adanya karnaval budaya. d). Implikasi penguatan sikap moderasi beragama bagi anak usia dini di MI Islamiyah Sawangan: 1). Semakin memperlihatkan sismbol-simbol kecintaan terhadap tanah air. 2). Siswa makin antusis melaksanakan tugas berkunjung ke tempat ibadah agama lain. 3). Siswa makin mencintai budaya lokal

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRohayana, Ade Dedi197101151998031005UNSPECIFIED
Thesis advisorMahmudah, Umi19840710202001D2023UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: penguatan, moderasi beragama, anak usia dini
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.331 Madrasah Tsanawiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 22 Nov 2023 09:37
Last Modified: 22 Nov 2023 09:37
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4644

Actions (login required)

View Item View Item