Pengaruh kewibawaan guru terhadap motivasi belajar siswa di MI YMI Wonopringgo 04 Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2014/2015

Inayah, Inayah (2015) Pengaruh kewibawaan guru terhadap motivasi belajar siswa di MI YMI Wonopringgo 04 Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021211146 INAYAH BAB I, V DAN LAMP_1 (Done).PDF

Download (10MB)
[img] Other (Thesis)
2021211146 INAYAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (22MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kewibawaan guru merupakan salah satu faktor kegiatan belajar para siswa. Sebab dengan kewibawaan yang ditunjukkan oleh guru, para siswa akan merauti pelajaran dengan penuh perhatian dan kesungguhan dan menerima materi pelajaran yang disampaikan oleh guru dengan seksama. Sehingga para siswa akan termotivasi untuk belajar dengan optimal untuk memperoleh hasil belajar sesuai dengan target-target yang menjadi tujuan dalam kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kewibawaan guru di MI YMI Wonopringgo 04 Kabupaten Pekalongan? (2) bagaimana motivasi belajar siswa di MI YMI Wonopringgo 04 Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2014/2015? Dan (3) bagaimana pengaruh kewibawaan guru terhadap motivasi belajar siswa di MI YMI Wonopringgo 04 Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2014/2015,9. Adapun tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui: (1) kewibawaan guru di MI YMI Wonopringgo 04 Kabupaten Pekalongan, (2) motivasi belajar siswa di MI YMI Wonopringgo 04 Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2014/2015, dan (3) pengaruh kewibawaan guru terhadap motivasi belajar siswa di MI YMI Wonopringgo 04 Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2014/2015. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan, dimana penelitian dilaksanakan pada kancah kehidupan yang sebenarnya. Pendekatannya dengan kuantitatif yaitu analisisnya pada bentuk angka atau bilangan. Metode yang digunakan dengan metode observasi berupa pengamatan, metode angket berupa pertanyaan tersruktur, metode interview berupa wawancara dan metode dokumentasi berupa data lapangan. Analisis data dengan menggunakan bersifat kuantitatif dengan statistika dengan rumus regresi linier sederhana yang selanjutnya mengkonsultasikan nilai ttcs baik pada taraf signifikan 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kewibawaan guru terhadap motivasi belajar siswa di MI YMI Wonopringgo 04 Kabupaten Pekalongan dengaii perhitungan ttes 2,642. Pada taraf signifikan 5% ttabel 2,042 berarti ttes > ttabel (2,642 > 2,042). Adapun pada taraf signifikan 1% nilai ttabel = 2,750 tres < ttabel (2,642 < 2,750). Jadi dapat disimpulkan bahwa pada taraf signifikan 5 % kewibawaan guru mempunyai pengaruh positif yang siginifikan terhadap motivasi belajar siswa di MI YMI Wonopringgo 04 maka ho ditolak dan ha diterima, tetapi pada taraf siginifikan i % kewibawaan guru tidak mempunyai pengaruh positifyang signifikan terhadap motivasi belajar siswa di mi ymi wonopringgo 04 maka ha ditolak dan ho diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhamidi, Aris NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kewibawaan guru, motivasi belajar siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 21 Nov 2023 02:43
Last Modified: 21 Nov 2023 02:43
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4727

Actions (login required)

View Item View Item