Bimbingan karir melalui pembinaan kemandirian untuk mengembangkan life skill warga binaan pemasyarakatan di rutan kelas II a Kota Pekalongan

Indriyani, Asna (2023) Bimbingan karir melalui pembinaan kemandirian untuk mengembangkan life skill warga binaan pemasyarakatan di rutan kelas II a Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3519077_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3519077_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Latar belakang penelitian ini dilihat dari ketidakmampuan individu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehingga tidak ada pilihan selain menggunakan cara yang melanggar hukum dan kembali melakukan tindak pidana dikarenakan kurangnya life skill. Apalagi label yang melekat pada diri seseorang yang keluar dari rumah tahanan cenderung negatif, dan mendapatkan diskriminasi khususnya dalam kesempatan bekerja. Maka salah satu cara yang dilakukan Rutan Kelas II A Kota Pekalongan yaitu dengan memberikan bimbingan karir melalui pembinaan kemandirian. Tujuannya untuk membantu warga binaan mendapatakan bekal keterampilan yang diperlukan ketika bebas nanti untuk bekerja tanpa menyimpang aturan dan sesuai syariat islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana bimbingan karir melalui pembinaan kemandirian untuk mengembangkan life skill warga binaan di Rutan Kelas II A Kota Pekalongan? 2) Bagaimana life skill warga binaan sebelum dan sesudah mendapatkan bimbingan karir melalui pembinaan kemandirian di Rutan Kelas II A Kota Pekalongan?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun pendekatannya menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan pendekatan keilmuan yang digunakan pada penelitian ini yaitu psikologi berupa teori pembelajaran melalui pengamatan yang dikemukakan oleh Bandura. Sumber data dalam penelitian ini yakni sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bimbingan karir melalui pembinaan kemandirian untuk mengembangkan life skill warga binaan di Rutan Kelas II A Kota Pekalongan meliputi tiga tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap perencanaan meliputi persiapan penentuan waktu, persiapan bahan atau alat dan persiapan personil. Pada tahap pelaksanaan dilakukan dengan menggunakan metode praktik langsung, adapun langkah-langkah operasional yang digunakan yaitu melalui pengamatan, mengingat, praktik dan penguatan atau motivasi. Tahap evaluasi, dengan melihat perkembangan warga binaan guna untuk mengusulkan hak-hak warga binaan seperti remisi dan asimilasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFarmawati,, CintamiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan karir, pembinaan kemandirian, life skill.
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 21 Nov 2023 10:51
Last Modified: 02 Feb 2024 04:03
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4784

Actions (login required)

View Item View Item