Implementasi Bimbingan Individu Berbasis Islami Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Korban Bullying Kelas Viii di Smp Islam Walisongo Kedungwuni

Ekawati, Katerina (2023) Implementasi Bimbingan Individu Berbasis Islami Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Korban Bullying Kelas Viii di Smp Islam Walisongo Kedungwuni. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
3519090_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3519090_Full Text.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

ABSTRAK Ekawati, Katerina. 2023. Implementasi Bimbingan Individu Berbasis Islami Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Korban Bullying Kelas VIII di SMP Islam Walisongo Kedungwuni. Skripsi Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing: Khaerunnisa Tri Darmaningrum, M. Pd Kata Kunci: Bimbingan Individu berbasis Islami, Motivasi Belajar, Bullying. Motivasi belajar merupakan kekuatan pendorong dalam kegiatan belajar dan pencapaian prestasi belajar siswa agar lebih baik untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Siswa kehilangan motivasi belajar akibat masalah bullying yang menimpa pada dirinya sangat menghambat dalam proses belajar. Salah satu cara untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa korban bullying yaitu dengan bimbingan individu agar siswa tersebut mempunyai rasa semangat kembali dalam belajar dan mendapat prestasi yang baik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Motivasi Belajar Siswa Korban Bullying Kelas VIII di SMP Islam Walisongo Kedungwuni, 2) Bagaimana Implementasi Bimbingan Individu Berbasis Islami Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Siswa Korban Bullying Kelas VIII di SMP Islam Walisongo Kedungwuni?. Sedangkan tujuan dari Penelitian ini adalah: 1) Untuk Mendeskripsikan Motivasi Belajar Siswa Korban Bullying Kelas VIII di SMP Islam Walisongo Kedungwuni, 2) Untuk Menganalisa Implementasi Bimbingan Individu Berbasis Islami Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Korban Bullying Kelas VIII di SMP Islam Walisongo Kedungwuni. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebelum diberikan layanan bimbingan individu, motivasi belajar siswa korban bullying rendah dapat dibuktikan mereka belum memiliki ketekunan dalam mengerjakan tugas sekolah, sering mengeluh ketika diberikan tugas dari guru, sering menyontek, tidak menyukai salah satu mata pelajaran di kelas, dan belum mempunyai keinginan untuk mendapatkan prestasi. Namun setelah diberikan layanan bimbingan individu oleh guru BK, siswa korban bullying dapat menumbuhkan motivasi belajar dibuktikan bahwa mereka sudah tekun dalam mengerjakan tugas sekolah, sudah tidak mengeluh ketika diberikan tugas oleh guru, sudah tidak menyontek lagi, sudah mulai menyukai mata pelajaran yang dulunya tidak disukai, dan sudah mempunyai keinginan untuk mendapatkan prestasi. Implementasi bimbingan individu yang dilakukan oleh guru BK sudah sesuai dengan tahap-tahap bimbingan individu, diantaranya tahap pembukaan, tahap kegiatan, tahap pengakhiran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDarmaningrum, Khaerunnisa TriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Bimbingan Individu berbasis Islami, Motivasi Belajar, Bullying.
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 21 Nov 2023 10:55
Last Modified: 21 Nov 2023 10:55
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4786

Actions (login required)

View Item View Item