Faradilla, Fitria Novi (2023) Bimbingan klasikal berbasis islami untuk mengatasi perilaku bullying siswa SMP N 1 Buaran Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
3519100_COVER_BAB I DAN V.pdf Download (4MB) |
|
Text
359100_fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kasus bullying yang sering terjadi pada saat ini khususnya di lingkungan sekolah. Dengan adanya kegiatan bimbingan klasikal berbasis Islami di sekolah memiliki fungsi untuk meningkatkan kesadaran siswa tentang bahaya bullying. Tetapi pada kenyataanya, kasus bullying yang terjadi di SMP N 1 Buaran Pekalongan diupayakan salah satunya melalui kegiatan bimbingan klasikal. Dari latar belakang tersebut muncul rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana perilaku bullying siswa SMP N 1 Buaran Pekalongan? (2) Bagaimana bimbingan klasikal berbasis Islami dalam mengatasi bullying siswa SMP N 1 Buaran Pekalongan? Tujuannya dengan adanya penelitian ini untuk mengetahui kegiatan bimbingan klasikal untuk mengatasi perilaku bullying siswa SMP N 1 Buaran Pekalongan. Adapun manfaat dari kegiatan bimbingan klasikal berbasis islami yaitu manfaat teoritis dan manfaat praktis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di SMP N 1 Buaran Pekalongan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini meliputi guru BK dan siswa SMP N 1 Buaran Pekalongan. Teknik analisis data mengacu pada analisis kualitatif menurut Miles Hubermen yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Perilaku bullying yang terjadi di SMP N 1 Buaran Pekalongan yaitu jenis bullying verbal dan bullying fisik. Upaya yang dilakukan guru BK dalam mengatasi perilaku bullying di sekolah yaitu dengan melakukan bimbingan klasikal berbasis Islami yang dilakukan setiap satu minggu sekali. Adapun tahapan kegiatan bimbingan klasikal berbasis Islami yaitu perencaraan, pengorganisasian, pelaksanaan, monitoring dan penilaian, dan tindak lanjut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Klasikal Berbasis Islami, Perilaku Bullying | ||||||||
Subjects: | 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 22 Nov 2023 10:49 | ||||||||
Last Modified: | 02 Feb 2024 02:53 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4835 |
Actions (login required)
View Item |