Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Membangun Kedisiplinan Pada Santri Mdt Hidayatul Muta’alimin Jajarwayang Bojong Kabupaten Pekalongan

Hakim, Rahman Nisa (2023) Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Membangun Kedisiplinan Pada Santri Mdt Hidayatul Muta’alimin Jajarwayang Bojong Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2118318_COVER_BAB I & BAB V_DP.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2118318_FULL TEXT.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingisdur.ac.id/

Abstract

Rahman Nisa Hakim. 2118318. 2023. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membangun Kedisiplinan Pada Santri MDT Hidayatul Muta’alimin Jajarwayang Bojong Kabupaten Pekalongan. Skripsi. Pekalongan: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Negeri Islam Abdurrahman Wahid Pekalongan.H M Yasin Abidin, M.Pd Turunnya moral pada santri sekarang sudah banyak terjadi di lingkungan sekitar, seperti maraknya perkelahian, tawuran, ataupun suka mencontek. Padahal menciptakan generasi muda yang bukan hanya pandai dalam ilmu pengetahuan tetapi juga memiliki akhlak baik merupakan pondasi untuk bangsa Indonesia supaya menjadi bangsa yang damai. Dengan adanya Pendidikan karakter diharapkan mampu menjadikan bangsa Indonesia agar menjadi lebih baik lagi. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang “implementasi Pendidikan karakter dalam membangun kedisiplinan pada santri MDT Hidayatul Muta’alimin Jajarwayang Bojong Kabupaten Pekalongan.” Titik fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana implementasi pendidikan karakter dalam membangun kedisiplinan pada santri MDT Hidayatul Muta’alimin Jajarwayang Bojong Kabupaten Pekalongan?, (2) Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi pendidikan karakter dalam membangun kedisiplinan pada santri MDT Hidayatul Muta’alimin Jajarwayang Bojong Kabupaten Pekalongan? Penelitian ini dilakukan di MDT Hidayatul Muta’alimin Jajarwayang Bojong Kabupaten Pekalongan, dengan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui : (1) Wawancara, (2) Observasi, (3) Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Implementasi pendidikan karakter dalam membangun kedisiplinan dilakukan dengan menerapkan nilai-nilai karakter diantaranya yaitu tanggung jawab, jujur, disiplin, mandiri, peduli lingkungan, peduli sosial, nilai religius, rasa ingin tahu serta bersahabat/komunikatif (2) Faktor pendukung implementasi pendidikan karakter yaitu kepala madrasah yang peduli terhadap pendidikan karakter, tingkat kesadaran santri, serta sarana dan prasarana yang mendukung. Adapun faktor penghambatnya yaitu kesadaran ustadz/ustadzah yang kurang dalam menerapkan pendidikan karakter, karakter peserta didik yang berbeda-beda serta keluarga dan lingkungan yang kurang mendukung.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorH M Yasin Abidin, M.Pd, YasinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, Kedisiplinan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 22 Nov 2023 07:57
Last Modified: 22 Nov 2023 07:57
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4846

Actions (login required)

View Item View Item