Upaya meningkatkan kecerdasan emosional melalui permainan angklung di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Terpadu Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Batang

Adibba, Nurul (2018) Upaya meningkatkan kecerdasan emosional melalui permainan angklung di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Terpadu Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

PAUD Terpadu SKB Batang pada kelompok TK B tahun ajaran 2018/2019 yaitu sebanyak 20 anak, yang telah dilaksanakan peneliti bersama dengan teman sejawat bila ditinjau dari perkembangan emosional peserta didik, terdapat 18 anak perkembangan emosionalnya masih rendah, yaitu dibuktikan saat kegiatan ada beberapa anak kurang sabar menunggu giliran, ketika diterangkan tidak fokus pada guru, berebut mainan dengan temannya dan tidak mau bergantian dalam bermain. `Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana kecerdasan emosional anak usia dini pada kondisi prasiklus di PAUD SKB Batang? Bagaimana peningkatan kecerdasan emosional anak usia dini melalui permainan angklung di PAUD Terpadu SKB Batang? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak melalui kegiatan bermain angklung di PAUD Terpadu SKB Batang. Kecerdasan emosional adalah kemampuan individu dalam mengenali perasaan untuk mengolah dan mengontrol perasaan agar mejadi respon positif baik untuk dirinya maupun hubungan dengan orang lain. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Objek penelitian adalah 20 anak usia 5-6 tahun terdiri dari 9 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari prasiklus, siklus I (dua pertemuan), dan siklus II (dua pertemuan). Metode pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pertemuan pertama siklus I sebanyak 2 anak yang sudah Berkembang Sangat Baik (BSB) dengan prosentase 10%. Sedangkan pada pertemuan kedua siklus I kemampuan anak dalam mengelola emosi pada kelompok Nanas (5-6 tahun) terlihat meningkat, anak yang tingkat kecerdasan emosionalnya Berkembang Sangat Baik (BSB) meningkat menjadi 25% yaitu sejumlah 5 anak. Selanjutnya pertemuan kesatu siklus II anak yang tingkat kecerdasan emosionalnya Berkembang Sangat Baik (BSB) semakin meningkat menjadi 35% yaitu sejumlah 7 anak Dan pertemuan kedua siklus II kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) semakin meningkat menjadi 65% yaitu sejumlah 13 anak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa permainan angklung dapat meningkatkan kecerdasan emosional anak usia 5-6 tahun kelompok TK B PAUD Terpadu SKB Batang tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIndrawati, TrianaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Permainan, Alat Musik Angklung
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 14 May 2020 04:13
Last Modified: 14 May 2020 04:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/500

Actions (login required)

View Item View Item