Septiani, Ninda Dwi (2023) Pelaksanaan Bimbingan Islami Dalam Mengembangkan Kepercayaan Diri Siswa Tunarungu Di SLB PRI Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
3519003_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (4MB) |
|
Text
3519003_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Septiani, Ninda Dwi. 2023. Pelaksanaan Bimbingan Islami dalam Mengembangkan Kepercayaan Diri Siswa Tunarungu di SLB PRI Pekalongan. Skripsi Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah. Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam Universitas Islam Negeri K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: Annisa Mutohharoh, M. Psi. Keterbatasan dalam mendengar menyebabkan penyandang tunarungu harus menyesuaikan diri untuk menjalani rutinitas sehari-hari dengan cara berbeda dalam berkomunikasi, menerima infomasi, dan berinterakasi dengan lingkungan. Hal tersebut dapat menyebabkan ketidakpercayaan diri. Sehingga solusi untuk membantu mengembangkan kepercayaan diri siswa tunarungu di SLB PRI Pekalongan melalui bimbingan islami. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana kepercayaan diri siswa tunarungu di SLB PRI Pekalongan sebelum dan sesudah bimbingan Islami, (2) bagaimana pelaksanaan bimbingan islami dalam mengembangkan kepercayaan diri siswa tunarungu di SLB PRI Pekalongan. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui kepercayaan diri siswa tunarungu di SLB PRI Pekalongan sebelum dan sesudah bimbingan Islami, (2) untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan islami dalam mengembangkan kepercayaan diri siswa tunarungu di SLB PRI Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan positif terhadap kepercayaan diri siswa tunarungu dalam aspek keyakinan akan kemampuan diri, optimis, dan bertanggung jawab. Namun pada aspek objektif, berpikir rasional, dan realistis belum berubah. Pelaksanaan bimbingan Islami bertujuan untuk memberikan pemahaman agama Islam, meningkatkan keimanan dan ketakwaan siswa, serta diharapkan agar siswa dapat menerapkannkan dalam kehidupan sehari-hari. Fungsi Bimbingan Islami yaitu fungsi preventif, kuratif, dan development. Metode Bimbingan islami yang diberikan melalui metode individu, kelompok pembiasaan, keteladanan, kisah, ceramah , dan praktik langsung. Pendekatan yang dilakukan melalui pendekatan bil hikmah, al-mau’idzhah al-hasanah, dan al-mujadalah bi al-lati hiya ahsan. Selain itu, materi yang disampaikan mengenai ibadah, aqidah, dan akhlak. Dengan menggunakan media belajar berupa internet, youtube, rebana dan gambar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Bimbingan Islami, Kepercayaan Diri, Siswa Tunarungu | ||||||||
Subjects: | 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 27 Nov 2023 09:01 | ||||||||
Last Modified: | 27 Nov 2023 09:01 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5140 |
Actions (login required)
View Item |