Yulistiya, Priska (2023) Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Berbasis Islam Dengan Teknik Modelling Untuk Mencegah Pergaulan Bebas Di SMK Ma'arif NU Kajen. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
Cover_Bab_I_Bab_V[1].pdf Download (3MB) |
|
Text
2041116070_Full_Text[1].pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
ABSTRAK Yulistiya, Priska. 2023. Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Berbasis Islam dengan Teknik Modelling untuk Mencegah Pergaulan Bebas di SMK Ma’arif NU Kajen. Skripsi, Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah. Universitas Islam Negeri (UIN) K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing, Prof. Dr. H. Imam Kanafi, M.Ag. Bimbingan kelompok berbasis Islam adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh seorang ahli kepada individu melalui suasana kelompok dengan mengintegrasikan nilai-nilai yang terkandung di dalam ajaran Islam yang memungkinkan setiap anggota untuk belajar berpartisipasi aktif dan berbagi pengalaman dalam upaya pengembangan wawasan, sikap atau ketrampilan yang diperlukan untuk mencegah timbulnya masalah atau pengembangan pribadi dalam rangka membantu individu hidup selaras dengan ketentuan dan petunjuk Allah sehingga dapat mencapai kebahagian di dunia dan akhirat. Teknik Modelling atau percontohan adalah teknik belajar melalui observasi dengan menambahkan atau mengurangi tingkah laku yang diamati, dengan teknik ini diharapkan individu mencontoh sesuatu yang positif dan menjauhi yang negatifnya. Pergaulan bebas adalah salah satu bentuk perilaku menyimpang yang mana “bebas” yang dimaksud adalah melewati batas norma-norma. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, (1) Bagaimana pelaksanaan bimbingan belompok berbasis Islam dengan teknik modelling untuk mencegah pergaulan bebas di SMK Ma’arif NU Kajen?dan (2) Bagaimana bentuk pergaulan bebas di SMK Ma’arif NU Kajen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan kelompok berbasis Islam dengan teknik modelling untuk mencegah pergaulan bebas di SMK Ma’arif NU Kajen dan untuk mengetahui bentuk pergaulan bebas di SMK Ma’arif NU Kajen. Manfaat penelitian ini teoritis dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data danpengambilan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok berbasis Islam dengan teknik modelling untuk mencegah pergaulan bebas di SMK Ma’arif NU Kajen ada 4 tahap, pada tahap I (Pembentukan) siswa dibentuk menjadi 10-15 siswa dalam satu kelompoknya, tahap II (Peralihan), tahap III (Kegiatan), pada tahap ini teknik modelling diberikan, dan tahap IV (Pengakhiran). Bentuk pergaulan bebas di SMK Ma’arif NU Kajen dulu terdapat kasus hamil diluar nikah dan narkoba sekarang kasus tersebut sudah tidak ada. Untuk minum-minuman alkohol memang ada, karena hasil pengakuan siswanya sendiri. Walaupun kasus pergaulan bebas diatas sudah tidak ada, pencegahan tetap harus dilakukan agar siswa tidak terjerumus ke pergaulan bebas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok Berbasis Islam, Teknik Modelling, Pergaulan Bebas | ||||||||
Subjects: | 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2023 03:15 | ||||||||
Last Modified: | 28 Nov 2023 03:15 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5177 |
Actions (login required)
View Item |