Octaviana, Murti (2014) Pelaksanaan pendidikan full day school di MTs Muhammadiyah Kebonan Kecamatan Batang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.
Other (Thesis)
2021310021 MURTI OCTAVIANA BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (15MB) |
|
Other (Thesis)
2021310021 MURTI OCTAVIANA BAB I, V, LAMP_1.PDF Download (7MB) |
Abstract
Pembelajaran full day school sebagai bentuk alternative dalam upaya memperbaiki manajemen pendidikan, khususnya dalam manajemen pembelajaran, juga merupakan tuntutan kebutuhan masyarakat yang menghendaki anak dapat belajar dengan baik di sekolah dengan waktu belajar lebih lama. Sistem full day school merupakan model pembelajaran dengan penambahan waktu belajar siSwa dari pagi sampai sore. Inovasi yang dilakukan oleh MTS Muhammadiyah Kebonan Kecamatan Batang di antaranya dengan program "Full day school", terobosan ini dilakukan karena pertimbangan optimalisasi waktu. Full day school sendiri sesuai artinya "pendidikan sepanjang hari", dengan rentang waktu yang panjang. Bentuk program ini tidak hanya memakai media kelass tetapi bentuk pengajarannya diintegrasikan dengan aktivitas keseharian peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan pendidikan full day school di MTS Muhammadiyah Kebonan Kecamatan Batang? Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pendidikan Full Day School di MTS Muhammadiyah Kebonan Kecamatan Batang?. Tujuan peneltiian adalah untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan full day school di MTS Muhammadiyah Kebonan Kecamatan Batang, untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pendidikan Full Day School di MTS Muhammadiyah Kebonan Kecamatan Batang. Kegunaan peneltiian adalah sebagai media pengembangan kemampuan dan pengetahuan penulis dalam hal pembelajaran full day school dan sekolah regular pada lembaga pendidikan, khususnya di MTS Muhammadiyah Kebonan Kecamatan Batang. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan metode berfikir deduktif Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama,Pelaksanaan pendidikan full day school di MTS Muhammadiyah Kebonan Kecamatan Batang dimulai dari pagi hari sekitar jam 06.45 WIB sampai menjelang siang sore sekitar jam 16.00 W1B. Waktu tersebut diharapkan sangat representative bagi kesiapan guru sebagai tenaga pengajar dan juga para siSwa sebagai peserta didik untuk melakukan kegiatan belajar di MTS Muhammadiyah Kebonan Kecamatan Batang. Kegiatan belajar mengajar di MTS Muhammadiyah Kebonan Kecamatan Batang dengan sistem full day dapat berjalan dengan baik dan lancar. Kedua, Faktor yang mendukung pelaksanaan pendidikan full day school di MTS Muhammadiyah Kebonan Kecamatan Batang, antara lain: adanya peran aktif dari orang tua, adanya guru yang terlatih dan profesional, adanya ekstrakurikuler yang relevan dengan Pendidikan full day school. Sedangkan faktor yang menghambat, antara lain: faktor lingkungan dan pengaruh teknologi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, full day school | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Nani Nuryani | ||||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2023 04:04 | ||||||||
Last Modified: | 28 Nov 2023 04:04 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5207 |
Actions (login required)
View Item |