Implementasi gerakan literasi sekolah (GLS) dalam menanamkan karakter gemar membaca pada siswa di MI Salafiyah Kuripan Lor

Fitrianti, Fitrianti (2023) Implementasi gerakan literasi sekolah (GLS) dalam menanamkan karakter gemar membaca pada siswa di MI Salafiyah Kuripan Lor. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2319125_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2319125_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan kurangnya minat siswa terhadap membaca, untuk itu MI Salafiyah Kuripan Lor menerapkan program gerakan literasi sekolah dalam menanamkan karakter gemar membaca pada siswa. Pencapaian ini belum terpublikasi secara luas sehingga masih belum menjadi bahan percontohan sekolah-sekolah lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi gerakan literasi sekolah dalam menanamkan karakter gemar membaca pada siswa di MI Salafiyah Kuripan Lor dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung serta penghambat implementasi gerakan literasi sekolah dalam menanamkan karakter gemar membaca pada siswa di MI Salafiyah Kuripan Lor. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara dan telaah dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan implementasi gerakan literasi sekolah dalam menanamkan karakter gemar membaca pada siswa di MI Salafiyah Kuripan Lor dilaksanakan berdasarkan tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Faktor pendukung implemenetasi GLS yaitu adanya sarana dan prasarana, kesiapan dan motivasi siswa, perpustakaan yang cukup memadai. faktor penghambat juga ada seperti minat baca siswa yang berbeda dan keterbatasan dalam jumlah buku koleksi yang digemari siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRiskiana, RiskianaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, gerakan literasi sekolah, karakter gemar membaca
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 28 Nov 2023 07:19
Last Modified: 20 Feb 2024 02:56
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5216

Actions (login required)

View Item View Item