Ramaputra, Muchammad Bagus Dwi (2023) Nilai-Nilai Pendidikan Moderasi Beragama Dalam Film My Name Is Khan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2119003_COVER_BAB I DAN BAB V.PDF Download (14MB) |
|
Text
2119003_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Muchammad Bagus Dwi Ramaputra, 2023, Nilai-nilai pendidikan moderasi beragama dalam film My Name is Khan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Negeri Islam K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Indonesia merupakan negara kepulauan yang menjadi rumah bagi berbagai macam suku, ras, budaya dan agama. Kondisi inilah yang mendorong moderasi beragama untuk ditumbuhkan sebagai usaha agar tercipta kerukunan. Sayangnya nilai-nilai moderasi beragama masih belum tersampaikan dengan maksimal. Selama ini penyampaian pesan tentang moderasi beragama hanya secara verbal menggunakan bahasa lisan dan kurang diimbangi dengan media lain. Peneliti melihat potensi film, terkhusus bagi film My Name is Khan yang memuat nilainilai pendidikan moderasi beragama yang relevan serta penyampaian pesan yang realistis sebagai media pendidikan moderasi beragama. Rumusan masalah penelitian ini yaitu (1) Apa saja nilai-nilai pendidikan Islam dalam film My Name is Khan? (2) Apa saja nilai-nilai pendidikan moderasi beragama dalam film My Name is Khan? Adapun tujuan penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam dalam film My Name is Khan. (2) Mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan moderasi beragama dalam film My Name is Khan. Kegunaan penelitian ini yaitu (1) Kegunaan teoritis dari penelitian ini untuk memberikan pemahaman tentang nilai-nilai pendidikan Islam dan pendidikan moderasi beragama dan menambah wawasan tentang film sebagai suatu media yang bukan hanya untuk hiburan, tetapi juga media komunikasi dan pembelajaran. (2) Kegunaan praktis dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber wawasan tentang film My Name is Khan selain itu juga memotivasi masyarakat untuk menonton film yang mengedukasi. Jenis penelitian ini menggunakan sistem studi kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data studi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahap analisis Semiotika Roland Barthes, yaitu denotasi, konotasi, dan mitos. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan Islam pada film My Name is Khan yaitu berdzikir kepada Allah Swt., mengucap salam kepada sesama muslim, rukun dengan tetangga, berbagi makanan, shalat dan keteguhan hati. Selain itu, nilai-nilai pendidikan moderasi beragama yang ada pada film My Name is Khan yaitu persamaan derajat dalam memandang manusia, menghormati umat agama lain untuk beribadah, anti-radikalisme, kooperatif dengan pemerintah mencegah terorisme, tolong menolong tanpa memandang latar belakang ras dan agama, dan bersikap adil terhadap golongan yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2023 07:41 | ||||||||
Last Modified: | 28 Nov 2023 07:41 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5270 |
Actions (login required)
View Item |