Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi shalat jum'at melalui metode think pair share (TPS) pada siswa kelas VII F di SMP N 2 Kajen Kabupaten Pekalongan

Mustahid, Mustahid (2014) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi shalat jum'at melalui metode think pair share (TPS) pada siswa kelas VII F di SMP N 2 Kajen Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021310114 MUSTAHID BAB I, V DAN LAMP.PDF

Download (4MB)
[img] Other (Thesis)
2021310114 MUSTAHID FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

SMP N 2 Kajen pada proses pembelajarannya masih menggunakan model pembelajaran tradisional yaitu hanya dengan ceramah saja, sehingga pembelajaran lebih berpusat pada guru, dan siswa pasif karena siswa tidak dilibatkan untuk ikut mengkonstruksi ilmu yang diperolehnya akibatnya ilmu kurang bermakna. Oleh karena itu perlu dicoba untuk diterapkan satu model pembelajaran yang dimungkinkan dapat meningkatkan kualitas belajar yang membuat siswa lebih aktif, kreatif berpikir kritis dan senang. Model pembelajaran itu adalah model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan think pair share. Model pembelajaran tersebut memiliki prosedur yang ditetapkan secara eksplisit dengan memberikan waktu kepada siswa agar lebih banyak berpikir untuk menjawab pertanyaan atau masalah dan menekankan saling membantu satu sama lain. Berdasarkan uraian di atas, maka penulis mengambil judul ”Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Materi Shalat Jum:at melalui Metode Think Share (TPS) pada siswa VII F di SMP N 2 Kajen Kabupaten Pekalongan”. Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: l) Bagaimana penerapan metode Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran PAI materi shalat jum'at? 2) Apakah dengan penerapan metode Think Pair Share (TPS) bisa meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi shalat jum'at di SMP N 2 Kajen Kabupaten Pekalongan?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penerapan metode think pair share (TPS) pada mata pelajaran PAI materi shalat jum'at. 2) Untuk mengetahui melalui penerapan metode think pair share (TPS) bisa meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PA] materi shalat jum'at di SMP N 2 Kajen Kabupaten Pekalongan. Manfaat penelitian ini, adalah sebagai berikut: 1) Kegunaan Teoritis : (a) Memberikan kontribusi keilmuan yang bermanfaat dalam dunia pendidikan mengenai penerapan pembelajaran kooperatif dengan Metode Think Pair Share (TPS) untuk peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi shalat jum'at. (b) Sebagai acuan pembelajaran yang inovatif dan mendukung teori pembelajaran kooperatif. (c) Menjadi bahan pembanding, pertimbangan, dan pengembangan bagi peneliti di masa yang akan datang di bidang dan permasalahan yang sejenis atau bersangkutan. 2) Manfaat Praktis, a) Bagi siswa : (l) Mendapatkan kemudahan dalam belajar dan lebih mudah dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. (2) Meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi shalat jum'at. b) Bagi guru: (l) Guru dapat melakukan pendekatan secara tepat terhadap siswa. (2) Memberikan masukan bagi guru dalam memilih dan menggunakan metode Think Pair Share (TPS) sebagai metode yang tepat untuk meningkatkan prestasi siswa pada mata pelajaran PAI (3) c) Bagi sekolah : Dapat mengetahui karakteristik siswa sehingga mampu mengupayakan tindakan yang relevan dengan kondisi siswa. Metode penelitian yaitu dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dimana dalam prosedur penelitiannya menggunakan 3 siklus dan setiap siklus terdiri dari : perencanaan, implementasi/tindakan, observasi dan refleksi. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIl F SMP N Kajen yang berjumlah 38. Hasil penelitian tentang Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Materi Shalat Jum'at melalui Metode Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas VIl F di SMP N 2 Kajen Kabupaten Pekalongan, dapat disimpulkan bahwa pada Pra siklus rata-rata nilai siswa 60,40. Sedangkan siklus I rata-rata nilai siswa 70 meningkat sebesar 9, 60 dari pra siklus, siklus Il rata-rata nilai siswa 80,66 meningkat sebesar 10,66 dari siklus I dan Siklus Ill rata-rata nilai siswa 88,29 meningkat sebesar 7,63 dari siklus Il.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHuda, MisbahulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar PAI, Metode Think Pair Share (TPS)
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 28 Nov 2023 08:27
Last Modified: 28 Nov 2023 08:27
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5308

Actions (login required)

View Item View Item