Implementasi pembelajaran nilai-nilai agama dan moral pada anak usia dini di Satuan Paud Sejenis (SPS) Nurul Ulum Desa Sidomulyo Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan

Fika, Titik (2018) Implementasi pembelajaran nilai-nilai agama dan moral pada anak usia dini di Satuan Paud Sejenis (SPS) Nurul Ulum Desa Sidomulyo Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah terdapat anak yang memiliki nilai-nilai agama dan moral yang baik serta pembelajaran nilai agama dan moral yang dilakukan oleh guru sudah bersifat aplikatif terhadap siswa.Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: Bagaimana implementasi pembelajarannilai-nilai agama dan moral pada Anak Usia Dini Di SPS Nurul Ulum Desa Sidomulyo Kecamatan Kesesi KabupatenPekalongan?. Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pembelajaran nilai-nilai agama dan moral pada Anak Usia Dini di SPS Nurul Ulum Desa Sidomulyo Kecamatan Kesesi KabupatenPekalongan?.Dalammemahami persoalan tersebut, penelitian menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajarannilai-nilai agama dan moral pada anak usia dini,di SPS Nurul Ulum Desa Sidomulyo Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan dengan menggunakan metode keteladanan dan pembiasaan diantara pembiasaan dan keteladanan tersebut yaitu; menghafal surat-surat pendek, hadits-hadits pendek dan do’a-do’a pendek, praktek sholat wajib dan sunah, sopan santun dalam berkata dan bersikap kepada orang yang lebih tua dan lain sebagainya. Selanjutnya, untuk faktor pendukung dari implementasi pembelajarannilai-nilai agama dan moral pada anak usia dini yaitu keadaan pendidik yang telah membekali diri dengan nilai-nilai agama dan moral, lokasi tempat yang berdampingan dengan tempat ibadah, sebagian besar peserta didik belajar di TPQ dan MDA, lingkungan masyarakat yang mayoritas memeluk agama Islam, dan mayoritas berpendidikan serta memiliki kesadaran akan pentingnya pendidikan terutama pendidikan agama dan moral. Kemudian, untuk faktor penghambatnya dilihat dari sarana prasarana, kurangmya jumlah pendidik, status gedung yang masih pinjaman dari TPQ

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIskarim, MochamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Agama, Moral, dan Anak Usia Dini
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Nurul Izzah
Date Deposited: 26 May 2020 05:44
Last Modified: 26 May 2020 05:44
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/553

Actions (login required)

View Item View Item