Implementasi Pembelajaran Nahwu Kitab Naẓam Al-‘Imriṭi Pada Siswa Kelas Viii MTS Salafiyyah Hidayatul Athfal Banyurip Alit Kecamatan Pekalongan Selatan Kota Pekalongan

Rinanti, Ika (2023) Implementasi Pembelajaran Nahwu Kitab Naẓam Al-‘Imriṭi Pada Siswa Kelas Viii MTS Salafiyyah Hidayatul Athfal Banyurip Alit Kecamatan Pekalongan Selatan Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2220123_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2220123_Full Text.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

ABSTRAK Rinanti Ika, 2220123. Implementasi Pembelajaran Nahwu Kitab Naẓam Al-‘Imriṭi Pada Siswa Kelas VIII MTsS Hidayatul Athfal Banyurip Kota Pekalongan, Skripsi Fakulltas Tarbiyah Ilmu Dan Keguruan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri (UIN) KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan: Pembimbing Dr. Abdul Basith, M.Pd. Kata Kunci : Pembelajaran Nahwu, Kitab Naẓam Al-‘Imriṭi Pembelajaran Nahwu sudah menjadi mata pelajaran di sekolah berbasis agama Islam, Nahwu diakui oleh sebagian siswa sebagai mata pelajaran yang memiliki kesukaran yang lebih, dibandingkan materi tentang bahasa lain karena terdapat kaidah yang harus dipahami dan dihafal sekaligus diaplikasikan. Penelitian ini berangkat dari masalah yang ada pada pembelajaran nahwu yang dilaksanakan di MTs Hidayatul Athfal Banyurip Kota Pekalongan yaitu peserta didik kesulitan dalam memahami kaidah nahwu dan kurangnya inovasi tenaga pengajar dalam menggunakan teknologi pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi pembelajaran nahwu Kitab Naẓam Al-‘Imriṭi pada siswa kelas VIII MTsS Hidayatul Athfal Banyurip Kota Pekalongan? 2) Apa kelebihan dan kekurangan implementasi pembelajaran nahwu Kitab Naẓam Al-‘Imriṭi pada siswa Kelas VIII MTsS Hidayatul Athfal Banyurip Kota Pekalongan? Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan implementasi pembelajaran nahwu Kitab Naẓam Al-‘Imriṭi pada siswa Kelas VIII MTsS Hidayatul Athfal Banyurip Kota Pekalongan. 2) Mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan implementasi pembelajaran nahwu Kitab Naẓam Al-‘Imriṭi pada siswa VIII MTsS Hidayatul Athfal Banyurip Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Model analisis data yang digunakan adalah model analisis Miles And Hubermen, yang terdiri Reduksi Data (Data Reducation), Penyajian Data (Display Data), dan Penarikan kesimpulan (Conclutions Drawing Verifiying). Hasil dari penelitian Implementasi Pembelajaran Nahwu Kitab Naẓam Al-‘Imriṭi Pada Siswa Kelas VIII MTsS Hidayatul Athfal Banyurip Alit Kecamatan Pekalongan Selatan Kota Pekalongan dapat disimpulkan bahwa pembelajarannya mencakup tujuan salah satu tujuan adanya pembelajaran nahwu yaitu memudahkan siswa dalam memahami kaidah nahwu, metodenya berupa metode qiyasiyyah, media yang digunakan yaitu papan tulis, youtube, proyektor serta rumus praktis yang dibuat oleh guru nahwu, adapun evaluasi pembelajarannya ada 3 macam yaitu ulangan harian, UTS (Ulangan Tengah Semester) dan UAS (Ulangan Akhir Semester). Dalam pelaksanaanya pembelajaran nahwu berjalan dengan lancar dan baik walaupun tidak semua siswa kelas VIII tidak menguasai semua pembelajarannya. Adapun kelebihan dari pembelajaran nahwu ini yaitu: 1) Santri dapat mengetahui kaidah nahwu dengan baik dengan adanya sebuah tujuan yang spesifik, 2) Memudahkan siswa dalam memahami materi dengan cepat, 3) Menambah kosa kata, 4) Sebagai materi pengayaan untuk mempermudah pembelajaran bahasa Arab. Sedangkan kekurangannya yaitu: 1) Latar belakang pendidikan yang beragam, 2) Kemampuan peserta didik yang beragam, 3) Terbatasnya waktu pembelajaran nahwu.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBasith, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pembelajaran Nahwu, Kitab Naẓam Al-‘Imriṭi
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 30 Nov 2023 04:07
Last Modified: 30 Nov 2023 04:07
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5531

Actions (login required)

View Item View Item