MABRUROH, MABRUROH (2015) Pembiasaan Shalat Duha di SMP Salafiyah Kauman Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.
Text
2021110286 MABRUROH BAB I, V DAN LAMP.PDF Download (6MB) |
|
Text
2021110286 MABRUROH FULL TEXT.PDF Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
Mabruroh. 2014 Pembiasaan Shalat Duha di SMP Salafiyah Kauman kota Pekalongan. Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Dr.H. Isma'il,M. Ag. Kata Kunci: Pembiasaan, Shalat Duha, l Dalam pendidikan ada beberapa komponen penting yang dapat menunjang keberhasilan dalam pendidikan diantaranya metode. Metode merupakan cara atau trik untuk mengantarkan materi agar sesuai dengan tujuan pendidikan. Pendidikan dikatakan sulit mencapai hasil manakala pendidik tidak menggunakan metode yang tepat. Penggunaan metode yang tepat turut menentukan efektivitas dan efisiensi pembelajaran. Salah satu dari berbagai macam metode dalam pembelajaran yakni metode pembiasaan, metode ini mengutamakan proses untuk membuat seseorang menjadi terbiasa. Sehingga membiasakan aktivitasnya dalam kehidupan sehari-hari. Metode pembiasaan ini merupakan cara yang efektif dan efesien dalam menanamkan kompetensi kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang bagaim~ pembiasaan shalat Duba di SMP Salafiyah Kauman kota Pekalongan? Apa saj faktor pendukung pembiassaan shalat Duba di SMP Salafiyah Kauman kota Pekalonge •? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembisaan shalat Duh di SMP Salafiyah Pekalongan,faktor pendukung pembiasaan shalat Duba di SMP Salafiyah Pekalongan. Kegunaan dari hasil penelitian ini antara lain menambah wawasan dan pengetahuan empiris bagi pembaca, sebagai khasanah kelilmuan bagi pendidikan khususnya yang berkaitan dengan metode. Adapun secara praktis dapat dipakai sebagai bahan acuan dalam usaha memperbaiki dan menyempumakan proses pembelajarr' agar sesuai dengan yang diharapkan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitianfield research ( penelitian lapangan), dimana analisisdata yang digunakan dengan menggunakan Miles and Huberman. Adapun metode pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan metode dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini ada beberapa langkah yakni pengumpulI data, reduksi data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian di SMP Salafiyah Kauman kota Pekalongan menunjukkan bahwa pembiasaan shalat Duha di SMP tersebut sudah baik. {arena pelaksanaan nya sudah tertib dan usaha guru dalam membimbing,mengarahkan peserta didik sudah maksimal. Pembiasaan shalat Duha rutin dilakukan setiap hari oleh semua peserta didik tanpa terkecuali. Maksud dari pembiasaan shalat Duha ini untuk mengantarkan peserta didik agar tumbuh rasa kesadaran dalamberibadah dan juga kedisiplinan terhadap tata tertib sekolah. Dalam membiasakan shalat Duha ini terdapat faktor-faktor pendukung yakni faktor pendukung dari dalam diri siswa, faktor pendukung dari luar diri siswa. Faktor pendukung dari dalam diri siswa yaitu rasa kedisiplinan yang tinggi, kesadaran mereka dalam /melakukan ibadah. sedangkan faktor pendukung dari luar diri siswa yakni fasilitas tempat yang memadai, masjid besar cukup menampung banyak peserta didik SMP Salafiyah, tempat-tempat wudlu yang disediaka banyak. Sedangkan faktor penghambat antara lain rasa malas pada peserta didik, kurang kesadaran be ibadah,serta belum tumbuh rasa kedisiplinan pada peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembiasaan, Shalat Duha | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.122 Shalat Sunnah | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Rizi Jawani | ||||||||
Date Deposited: | 03 Jan 2024 10:12 | ||||||||
Last Modified: | 03 Jan 2024 10:12 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5532 |
Actions (login required)
View Item |