IRHAMN,A, ANNA (2015) Implementasi kegiatan Shalat Dzuhur berjamaah Dalam meningkatkan kedisiplinan s1swa di MIS Pandanarum Tirto Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.
Text
2021110303 ANNA IRHAMNA BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (11MB) |
|
Text
2021110303 ANNA IRHAMNA BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (22MB) |
Abstract
Irhamna, Anna. NIM 202 111 0303 Judul skripsi: "IMPLEMENTASI KEGIATAN SHOLAT DZUHUR BERJAMA'AH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MIS PANDANARUM TIRTO PEKALONGAN" Skripsi Jurusan Tarbiyah Progam Pendidikan Agama Islam (P AI) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Zaenal Mustakim, M.Ag. Shalat merupakan kewajiban yang ditunaikan, dan mengerjakannya pun hams sesuai dengan waktunya, ha! ini juga mengandung makna bahwa setiap melakukan kegiatan diajarkan untuk menerapkan sikap disiplin. Sikap disiplin hams ditanamkan sejak dini pada anak, dengan demikian anak akan mengerti dan sadar akan pentingnya memiliki sikap disiplin. Adapun yang dijadikan permasalahan dalam skripsi ini yaitu: bagaimana kegiatan shalat dzuhur berjama'ah di MIS Pandanarum?, bagaimana kedisiplinan siswa di MIS Pandanarum?, bagaimana implementasi kegiatan shalat dzuhur berjama'ah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di sekolah MIS Pandanarum? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan shalat dzuhur berjama'ah di MIS Pandanarum Tirto Pekalongan, untuk mengetahui kedisiplinan siswa di MIS Pandanarum Tirto Pekalongan, untuk mengetahui implementasi kegiatan shalat dzuhur berjama'ah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MIS Pandanarum Tirto Pekalongan. Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah memberikan informasi dan memperoleh gambaran dalam mengambil penerapan yang tepat untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dalam membiasakan mematuhi tata tertib sekolah. Bagi siswa meningktkan kedisiplinan siswa dalam melaksanakan shalat dzuhur berjama'ah dan membiasakan kebiasaan mematuhi tata tertib sekolah, bagi sekolah dapat digunakan sebagai bahan dokumentasi, juga diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran secara tertulis demi memperbaiki, mempertahankan dan meningkatkan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan sekolah. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan), adapun metode pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan metode dokumentasi. Analisis data dalarn penelitian ini ada beberapa langkah yakni pengumpulan data, reduksi data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian di MIS Pandanarum Tirto Pekalongan menunjukkan bahwa implimentasi kegiatan shalat dzuhur berjama'ah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa sudah baik. Karena pelaksanaanya sudah tertib sehingga kedisiplinan muncul pada masing-masing siswa, dan usaha guru dalam membimbing, mengarahkan siswa sudah maksimal. Kegiatan shalat dzuhur berjamaah dilakukan setiap hari oleh semua siswa dari kelas IV sampai VI. Maksud dari kegiatan shalat dzuhur berjama'ah ini mengantarkan siswa agar tumbuh rasa kesadaran dalam beribadah dan juga untuk meningkatkan kedisiplinan siswa terhadap tata tertib sekolah. Dalam kegiatan shalat dzuhur berjama'ah ini terdapat manfaat bagi siswa yaitu rasa kedisiplinan yang tinggi dan kesadaran mereka dalam melakukan beribadah. Terutarna dalam shalat berjamaah mereka lebih menyukai shalat berjama'ah dari pada shalat sendirian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | shalat dzuhur berjama'ah | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.33 Metode dan Sistem Pendidikan Islam | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Rizi Jawani | ||||||||
Date Deposited: | 03 Jan 2024 10:11 | ||||||||
Last Modified: | 03 Jan 2024 10:11 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5656 |
Actions (login required)
View Item |