Faktor-faktor yang memengaruhi preferensi nasabah atas pembiyaan KPR Hunian Syariah di BANK Muamalat kantor Cabang Pekalongan

Wigiawati, Anah (2017) Faktor-faktor yang memengaruhi preferensi nasabah atas pembiyaan KPR Hunian Syariah di BANK Muamalat kantor Cabang Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.

[img] Text
2012113071 ANAH WIGIAWATI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (10MB)
[img] Text
2012113071 ANAH WIGIAWATI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (38MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kepadatan penduduk Indonesia di dunia berada pada peringkat ke-4, hal ini dapat menyebabkan satu rumah memiliki lebih dari 2 kepala keluarga. Maka dari itu setiap orang pasti memiliki keinginan membeli/membangun tempat tinggal sendiri. Bank Muamalat merupakan salah satu bank syariah yang juga memiliki produk pembiayaan KPR, dengan produk ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang berkeinginan memiliki rumah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berperan penting dalam memengaruhi preferensi nasabah dalam menggunakan produk pembiayaan KPR Hunian Syariah di Bank Muamalat Kantor Cabang Pekalongan dengan tujuan untuk menganalisis dan meringkas faktor-faktor tersebut menjadi beberapa faktor yang lebih tepat. Kegunaannya dapat dijadikan sebagai bahan masukan bagi lembaga terkait, dan bahan referensi bagi para pembaca. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan data primer. Dalam penelitian ini diambil sampel sebanyak 70 responden dengan metode penyebaran kuesioner kepada nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Pekalongan. Untuk menganalisis penelitian ini penulis menggunakan sebuah alat analisis yaitu analisis factor dengan aplikasi pengolah data SPSS versi 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat lima faktor yang memengaruhi preferensi nasabah atas pembiayaan KPR Hunian Syariah di Bank Muamalat Kantor Cabang Pekalongan. Kelima faktor tersebut adalah faktor syariah, faktor kemudahan, faktor produk, faktor keunggulan bersaing (Competitive Advantage). dan faktor pelayanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRosyid, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Preferensi nasabah, Bank Muamalat KC Pekalongan, analisis faktor
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 01 Dec 2023 07:22
Last Modified: 03 Jan 2024 10:11
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5658

Actions (login required)

View Item View Item