Ferdiyanto, Riki (2023) Peran Kompetisi Kepribadian Guru Bahasa Arab Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII di SMP Muhammadiyah Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2217099_COVER_BAB I & BAB V.pdf Download (23MB) |
|
Text
2217099_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Keberhasilan proses belajar mengajar tentunya tak lepas dari metode dan media yang digunakan juga penguasaan materi. Selain faktor-faktor tersebut, kompetensi kepribadian guru juga sangat mempengaruhi jalannya pembelajaran. Ketika guru mampu memiliki kepribadian baik dtentu akan menjadi guru yang disukai oleh peserta didik, dengan begitu peserta didik akan merasa terdorongan atau termotivasi dalam belajar. Dengan begitu dalam pembelajaran mereka akan merasa antusias dan termotivasi untuk belajar, baik mata pelajaran umum maupun bahasa Arab itu sendiri. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Kompetensi kepribadian guru bahasa Arab di SMP Muhmmadiyah Wonopringgo, (2) Peran kompetensi kepribadian guru bahasa Arab guna meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII di SMP Muhammadiyah Wonopringgo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang penelitiannya bersifat analisis deskriptif adapun sumber datanya berasal dari data primer dan sekunder, yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan dua temuan khusus yaitu (1) Kompetensi kepribadian yang dimiliki oleh guru bahasa Arab di SMP Muhammadiyah Wonopringgo sudah bisa dikatakan baik, guru bahasa Arab di SMP Muhammadiyah mampu memiliki dan menguasai indikator-indikator dari kompetensi kepribadian guru yang telah di keluakan oleh pemerintah. (2) Kaitannya dengan peran kompetensi kepribadian guru bahasa Arab sangat berperan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII di SMP Muhammadiyah Wonopringgo, hal ini terlihat banyak peserta didik yang suka dengan guru yang memiliki kepribadian baik, sehingga mereka antusias dan semangat dalam belajar serta aktif dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Kompetensi Kepribadian, Motivasi Belajar | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 05 Dec 2023 01:17 | ||||||||
Last Modified: | 05 Dec 2023 01:17 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5741 |
Actions (login required)
View Item |