IZAH, NAELUL (2015) Peran ulama dan santri dalam pendidikan islam di desa Rowosari Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.
Text
2021110324 NAELUL IZAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (10MB) |
|
Text
2021110324 NAELUL IZAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (25MB) |
Abstract
Izah, Naelul. 2015. Peran Ulama dan Santri dalam Pendidikan Islam di desa Rowosari. Skripsi, Sarjana Tarbiyah Pendidikan Agama Islam, Pembimbing: Umum Budi Karyanto, M. Hum Kata Kunci : Ulama, Santri, Pendidikan Islam Ulama dan santri menduduki tempat yang sangat penting dalam Islam dan dalam perkembangan pendidikan Islam. pentingnya ulama dan santri dalam pendidikan Islam terleta:k pada kenyataan bahwa mereka dipandang sebagai penafsir-penafsir legitimate dari sumber-sumber asli ajaran Islam, yakni Alquran dan Hadits. Hubungan ulama dan santri dalam pendidikan Islam, khususnya pendidikan Islam yang berkembang di masyarakat sangat erat kaitannya. Karena laju perkembangan pendidikan yang bemuansa islami adalah berkat peranan ulama serta santri. Ulama dan santri dianggap penting dalam pendidikan Islam yang berkembang di masyarakat. Adapun rumusan masalah adalah seperti apa gambaran pendidikan Islam di desa Rowosari?, bagaimana eksistensi ulama dan santri di desa Rowosari?, bagaimana peran ulama dan santri dalam pendidikan Islam di desa Rowosari?. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pendidikan Islam yang dilaksanakan di desa Rowosari. Untuk mendeskripsikan eksistensi ulama dan santri di desa Rowosari. Untuk menelusuri lebihjauh peran ulama dan santri dalam pendidikan Islam di desa Rowosari. Dalam penulisan skripsi ini, digunakan penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian lapangan dengan lokasi penelitian di desa Rowosari kecamatan Ulujami kabupaten Pemalang. Penelitian ini menganalisa permasalahan yang muncul di lokasi penelitian tentang peran ulama dan santri dalam pendidikan Islam secara mendalam, sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dari dua sumber, yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data primer adalah sumber data aski yang berupa informasi dari kiai, santri dan masyarakat, sedangkan sumber data sekunder adalah sumber data yang memuat informasi tambahan yang berkaitan dengan pokok permasalahan kemudian dari data-data tersebut penelitian ini dianalisa dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Dari hasil penelitian di antara peran ulama dan santri dalam pendidikan Islam di desa Rowosari kecamatan Ulujami kabupaten Pemalang adalah ulama dan santri sebagai orang yang ahli ilmu agama Islam mempunyai peran yang sangat penting di desa Rowosari. Peran tersebut meliputi ulama dan santri sebagai tokoh sentral pendidikan Islam di desa Rowosari, ulama sebagai penghidup pendidikan Islam di desa Rowosari, ulama dan santri pembentuk karakter masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Ulama, Santri, Pendidikan Islam | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Rizi Jawani | ||||||||
Date Deposited: | 03 Jan 2024 10:11 | ||||||||
Last Modified: | 03 Jan 2024 10:11 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5742 |
Actions (login required)
View Item |