Pengaruh variasi mengajar guru pendidikan Agama Islam terhadap aktivitas belajar siswa kelas XI Jurusan Mesin Industri SMK Negeri 01 Petarukan

Risdianti, Eneng (2015) Pengaruh variasi mengajar guru pendidikan Agama Islam terhadap aktivitas belajar siswa kelas XI Jurusan Mesin Industri SMK Negeri 01 Petarukan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021110348 KRISNA AYU DIANA BAB 1, V DAN LAMP_1.PDF

Download (8MB)
[img] Text
2021110348 KRISNA AYU DIANA BAB 1 - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Eneng Risdianti. 2015. Penggunaan Media Kartu Huruf Hijaiyah Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di RA Arrokhmah Kauman Batang. Jurusan/Program Studi: Tarbiyah/S1 PAI Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Pembimbing: Ahmad Ta'rifin, M.A. Kata Kunci: Media Kartu Huruf Hijaiyah Kartu huruf hijaiyah merupakan alat bantu yang memungkinkan bagi siswa yang sedang dalam taraf pengenalan dan pengembangan khususnya anak• anak Raudlatul Athfal. Kartu ini melatih anak untuk mengenal bentuk huruf hijaiyah melalui permainan sehingga tidak menjemukan, orang tua juga dapat terlibat dalam permainan kartu ini, yaitu dengan melatih anak membaca satu persatu huruf dengan tanda baca yang berbeda sehingga hasilnya lebih maksimal. Media kartu huruf dapat digunakan untuk melibatkan anak secara langsung agar anak tertarik dan mau mengikuti pembelajaran. Kartu huruf disini berisi huruf• huruf hijaiyah, yang diharapkan dapat melatih anak untuk mengenal bentuk• bentuk huruf hijaiyah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana model media kartu huruf hijaiyah dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di RA Arrokhmah Kauman Batang? bagaimana penggunaan media kartu huruf hijaiyah dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di RA Arrokhmah Kauman Batang? faktor apa yang menghambat dan mendukung penggunaan media kartu huruf hijaiyah dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di RA Arrokhmah Kauman Batang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model media kartu huruf hijaiyah, untuk mendeskripsikan penggunaan media kartu huruf hijaiyah, untuk mendeskripsikan faktor yang menghambat dan mendukung penggunaan media kartu huruf hijaiyah dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di RA Arrokhmah Kauman Batang. Kegunaan penelitian adalah untuk memberikan wawasan keilmuan bagi guru di RA Arrokhmah Kauman Batang tentang media kartu huruf hijaiyah. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, interview dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, Model media kartu huruf hijaiyah dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di RA Arrokhmah Kauman Batang ada dua macam, yakni: kartu yang di dalamnya hanya terdapat huruf hijaiyah tunggal saja dan kartu yang didalamnya terdapat lebih dari satu huruf hijaiyah. Adapun bahan yang digunakan antara lain: kertas kardus dan kertas biasa. Kedua, Penggunaan media kartu huruf hijaiyah di RA Arrokhmah Kauman Batang di awali dengan pengaturan posisi duduk siswa agar siswa mudah melihat media kartu huruf hijaiyah yang ditampilkan setelah itu barulah guru menjelaskan satu persatu gambar yang disajikan disertai cara membacanya dan diikuti oleh seluruh siswa. Ketiga, Faktor yang menghambat penggunaan media kartu huruf hijaiyah dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di RA Arrokhmah Kauman Batang, antara lain: siswa yang malas dan siswa keasikan bermain. Sedangkan faktor yang mendukung, antara lain: dukungan dari orang tua untuk mengajarkan membaca, tenaga pendidik yang mampu membuat media kartu huruf hijaiyah yang menarik, adanya perpustakaan mini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTa'rifin, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Kartu Huruf Hijaiyah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 03 Jan 2024 10:09
Last Modified: 03 Jan 2024 10:09
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5975

Actions (login required)

View Item View Item