Patimah, Siti (2021) Pendidikan vokasional dalam Membentuk kemandirian pada anak berkebutuhan khusus Di smalb pri kota pekalongan. Masters thesis, IAIN Pekalongan.
Text
5217054-Bab1&5.pdf Download (5MB) |
|
Text
5217054-Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Kemandirian merupakan suatu kekuatan internal yang diperoleh melalui proses realisasi kemandirian dan proses menuju kesempurnaan. Kemandirian belajar merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan siswa dalam belajar, sehingga sikap mandiri ini penting dimiliki oleh siapa saja yang ingin mencapai kesuksesan dalam hidupnya. Permasalahan pada penelitian ini: 1. Bagaimana kemandirian pada anak berkebutuhan khusus di SMALB PRI kota Pekalongan?. 2. Bagaimana pendidikan vokasional di SMALB PRI Kota Pekalongan?. 3. Apa Faktor pendukung dan penghambat dari pendidikan vokasional dalam membentuk kemandirian pada anak berkebutuhan khusus di SMALB PRI Kota Pekalongan?. Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk menganalisis kemandirian pada anak, untuk menganalisis pendidikan vokasional dan untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat dari pendidikan vokasional dalam membentuk kemandirian pada anak berkebutuhan khusus di SMALB PRI Kota Pekalongan. Sedangkan kegunaanya yaitu menambah pengetahuan, khususnya tentang pendidikan vokasional, bagi siapa saja yang memerlukan. Kemudian secara praktis, menjadi acuan untuk guru dalam pendidika Vokasional. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan field research (penelitian lapangan). Metode pengumpulan data melalui observasi, dan wawancara. Teknik analisis data penelitian ini dengan tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini 1. Kemandirian anak berkebutuhan khusus di SMALB PRI Kota Pekalongan yaitu sudah terlihat dalam proses pembelajaran yang di buat oleh para guru pembimbing dan mengikutinya secara antusias, aktif dan sistematis. 2. Pendidikan Vokasional di SMALB PRI Kota Pekalongan diantaranya tata rias, menjahit, tata boga, membuat buket bunga (hantaran), membuat kerajinan tangan, ketrampilan cuci motor. 3. Faktor pendukung dan penghambat dari pendidikan vokasional dalam membentuk kemandirian pada anak berkebutuhan khusus di SMALB PRI Kota Pekalongan yaitu faktor pendukung pendidikan vokasional di SMALB PRI Kota Pekalongan adalah adanya tekad dan semangat guru dalam melakukan pendidikan vokasional dan adanya kerjasama antara wali murid dengan sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu lingkungan keluarga dan lingkungan sosial yang tidak mendukung terhadap proses pendidikan vokasional.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Vokasional, Kemandirian, Anak Berkebutuhan Khusus. | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Ari Sugeng | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Dec 2023 01:55 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Dec 2023 01:55 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5999 |
Actions (login required)
View Item |