Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Konsep Taqwa Dalam Kitab Taisirul Kholaq di Majelis Taklim Darul Iman Sidomulyo Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan

Iza, Muh Wahyu (2022) Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Konsep Taqwa Dalam Kitab Taisirul Kholaq di Majelis Taklim Darul Iman Sidomulyo Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan. Masters thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
5219052-Bab1&5.pdf

Download (14MB)
[img] Text
5219052--fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan karakter tidak bisa berdiri sendiri melainkan terdapat pijakan yang menghantarkannya agar sampai pada satu titik, melewati proses yang harus memiliki prinsip yang mendasar, dalam hubungan sosial berkehidupan sesama manusia, Suatu akhlak atau yang biasa kita kenal karakter positif menjadi titik fokus yang harus kita cermati dalam perkembangan zaman yang semakin maju industri 5.0, akhlak menjadi pedoman untuk ikut bersaing dan memberikan kemanfaatan bagi dirinya sendiri ataupun sesama. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana konsep taqwa dalam kitab Taisirul Kholaq di Majelis Taklim Daru Iman Sidomulyo kecamatan kesesi kabupaten Pekalongan? Bagaimana cara pembelajaran Kitab Taisirul Kholaq di Majelis Taklim Darul Iman Sidomulyo kecamatan kesesi kabupaten Pekalongan? Bagaimana Implementasi pendidikan karakter melalui konsep taqwa di Majelis Taklim Darul Iman Sidomulyo kecamatan kesesi kabupaten pekalongan?. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk menganalisis konsep taqwa dalam kitab Taisirul Kholaq yang di terapkan di Majelis Taklim Darul Iman, sidomulyo kecamatan kesesi kabupaten pekalongan. Untuk menganalisis cara pembelajaran kitab Taisirul Kholaq di Majelis Taklim Darul Iman, sidomulyo kecamatan kesesi kabupaten pekalongan. Untuk menganalisis bagaimana implementasi pendidikan karakter melalui konsep taqwa di Majelis Taklim Darul Iman sidomulyo kecamatan kesesi kabupaten pekalongan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data melalui: interview, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya deskriptif dengan empat jalur yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (1) latar belakang Majelis Taklim Darul Iman Sidomulyo Kecamatan Kesesi, (2) kegiatan pendidikan karakter melalui konsep taqwa di Majelis Taklim Darul Iman Sidomulyo Kecamatan Kesesi, yang dibagi dari kegiatan kajian kitab Taisirul Kholaq, atau kegiatan amalan lain yang menunjang terjadinya pendidikan karakter tersebut. Sedangkan untuk peserta adalah para santri dan jama’ah majelis. Metode yang dipakai meliputi a) penggunaan Kitab Taisirul Kholaq karya Syaikh Hasan Al-Mas’ud. b) metode ngaji lafal makna c) metode amalan wirid d) metode melalui pengajian umum. Sedangkan untuk tempat pembelajaran dilaksanakan di Majelis Ta’lim Darul Iman Sidomulyo. Implementasi pendidikan karakter melalui konsep taqwa di Majelis Taklim Darul Iman Sidomulyo (1) Habblu minaallah (Hubungan Manusia dengan Allah) (2) Habblu minanas (Hubungan Manusia dengan manusia) (3) Habblu minalalam (Hubungan Manusia dengan Alam) dari tiga konsep taqwa ini harus seimbang dalam pelaksanaannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorMuna, Arif ChasanulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter Melalui Konsep Taqwa di Majelis Taklim Darul Iman.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 07 Dec 2023 04:17
Last Modified: 07 Dec 2023 04:17
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6022

Actions (login required)

View Item View Item